SITUS BERITA TERBARU

Uji Kir Habis, TransJ dibiarkan tetap Operasional sampai terbakar sendiri

Wednesday, October 9, 2013
[imagetag]

Jakarta - Bus Trans Jakarta dengan nomor lambung JMT-038 diketahui telah habis masa uji kelayakan kendaraan (KIR) pada April 2013. Meski begitu bus tetap beroperasi.

Pantauan di lokasi kejadian, bus dengan nomor polisi B 7453 EX dikemudikan oleh Ali Bister Manalu (43) mengalami gangguan konsleting listrik pada AC.

Saat itu bus hendak dibawa ke pool untuk menjalani perbaikan. Saat diperhatikan pada stiker uji kir di sisi kiri bus. Bus tersebut telah melewati batas pengujian kir yang jatuh pada bulan April 2013.

Namun hampir 7 bulan bus tersebut tetap beroperasi melayani penumpang di koridor 4 jurusan Pulogadung-Dukuh Atas.

"Sebelum keluar tol api sudah terlihat di bagian mesin bus. Supir yang diberitahu langsung meminggirkan bus dekat pospol," ujar saksi mata Maskudin saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu (9/10/2013)

Seketika itu supir langsung turun dan melihat kondisi bagian mesin. Saat dibuka mesin bagian belakang bus api sudah terlihat, tak lama kemudian api makin membesar.

Pramudi TransJ pun tak sempat mematikan api. Ia memilih menyelamatkan diri

"Begitu membesar supir langsung kabur, untung posisi bus sedang kosong," tutur Musdikin.

Sementara saat dikonfirmasi terkait habisnya masa uji kir, Kepala Unit Pelaksana TransJ Pargaulan Butar Butar mengaku belum mengetahui masa uji kir telah habis. Ia berjanji akan mengusut persoalan tersebut.

"Wah, kalau seperti itu harus saya selidiki lagi. Kami dari UP Transjakarta memiliki sejumlah orang yang menjadi pengawas di lapangan. Mereka akan memeriksa itu," kata Pargaulan.

Sebagai unit pelayanan masyarakat berjanji akan mengingatkan kepada operator bus transJ untuk melakukan perawatan. Tidak lupa melakukan uji kelayakan secara rutin.

"Nanti saya periksa bus yang terbakar itu terkait kelayakannya. Sedangkan untuk masa kontrak Jakarta Media Trans masih berlaku, dan masih aktif melayani pengangkutan penumpang," katanya.

sumber : http://news.detik..com/read/2013/10/...ap-operasional

halah Trans Jakarta aja masih kacau begini gimana mau menertibkan metromini dan kopaja [imagetag]

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive