SITUS BERITA TERBARU

UID Forum & Microsoft Indonesia Kembangkan Pusat Inovasi & Teknologi Di Bali

Tuesday, October 8, 2013
Jakarta (ANTARA News) - United in Diversity (UID) Forum dan Microsoft Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk bersama-sama mengembangkan Pusat Teknologi dan Inovasi di Creative Campus UID di Bali.

Dari siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Minggu, menyebutkan melalui MoU tersebut, baik UID dan Microsoft akan menggabungkan kekuatan untuk meningkatkan pembelajaran, kreativitas, kewirausahaan dan ketenagakerjaan di Indonesia.

Campus Creative UID akan memberdayakan lulusannya dengan pelatihan, keterampilan dan sumber daya untuk mengeluarkan kreativitas mereka dan membantu mereka berinovasi untuk dampak ekonomi riil bagi Indonesia.

"Dari sudut pandang daya saing nasional, Indonesia telah membuat langkah besar dalam beberapa tahun terakhir berkat pembangunan infrastruktur yang luas. Namun, saya percaya bahwa teknologi, inovasi, dan berpikir secara kreatif adalah katalis yang akan mendorong Indonesia untuk menjadi negara maju. Kemitraan ini merupakan langkah besar ke depan untuk mewujudkannya dan saya menghargai kelanjutan investasi Microsoft dalam mengembangkan sumber daya manusia di Indonesia," kata Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif.

Nota Kesepahaman merupakan komitmen lima tahun pertama dari Microsoft untuk Creative Campus UID yang akan berkontribusi berupa teknologi yang mutakhir, perangkat dan software, serta dukungan lainnya dalam bentuk yang disediakan oleh karyawan Microsoft sebagai pemimpin industri dalam bidangnya masing-masing.

UID adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 2003 untuk melayani platform pendidikan dan untuk bertindak sebagai katalis untuk membangun kepercayaan dan kerjasama antar bisnis, sektor publik, dan masyarakat sipil untuk kemajuan Indonesia.

"Indonesia sedang berada pada titik puncak dari sebuah lompatan besar menuju negara ekonomi berbasis pengetahuan, dan kami percaya bahwa kerjasama sektor publik dengan swasta di Indonesia dalam bidang pendidikan adalah prioritas utama � yang akan mendorong daya saing negara di wilayah tersebut," kata Andreas Diantoro, Presiden Direktur Microsoft Indonesia.

Dalam Global Competitiveness Report yang dirilis oleh World Economic Forum pada bulan September 2013, Indonesia melonjak 12 peringkat ke peringkat 38, terutama karena perbaikan infrastruktur. Kesiapan teknologi negara juga meningkat sebesar 10 peringkat tetapi penggunaan teknologi oleh penduduk pada umumnya masih relatif rendah.

"Microsoft berkomitmen pada bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, dan kami sangat bersemangat untuk berkolaborasi pada kegiatan yang akan membantu menciptakan tenaga kerja yang lebih inovatif di Indonesia" tambah Andreas.

Dengan landasan budaya yang kaya, warisan dan tradisi Indonesia, Creative Campus United in Diversity akan membantu siswa lokal dan asing membangun keterampilan nyata untuk inovasi, kewirausahaan dan ketenagakerjaan. Ini akan melatih siswa pada bidang retail dan jasa, teknologi, seni kuliner, iklan, fashion, musik, desain produk, media, kepemimpinan, bahasa dan bidang studi lain. Kampus ini juga akan menumbuhkan budaya start-up, dan mendorong siswa untuk beranjak dari ide-ide kreatif menuju ke arah komersialisasi dan scaling.

"Kemitraan dengan para pemimpin industri seperti Microsoft sangat penting dalam memastikan bahwa Creative Campus merupakan kunci pendorong dalam pengembangan ekonomi kreatif. Tidak hanya Microsoft memiliki keahlian teknologi dan pengalaman industri, namun juga ekosistem mitra yang tak tertandingi yang menawarkan kesempatan bagi siswa kami untuk memiliki hubungan bisnis secara langsung," kata Jatna Supriatna, CEO of United in Diversity.

Berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani di Konferensi Internasional tentang Pembangunan Berkelanjutan 2013 (International Conference on Sustainable Development 2013) di Bali, Microsoft akan membawa pengalaman yang luas pada pengembangan program di bidang keterampilan dan pengembangan tenaga kerja, inovasi, dan kemitraan industri.

http://www.antaranews.com/berita/399...novasi-di-bali
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive