SITUS BERITA TERBARU

Tarif Tiga Kereta Ekonomi AC Terancam Naik

Friday, October 25, 2013
Quote:JUM'AT, 25 OKTOBER 2013

TEMPO.CO , Yogyakarta - Tiga kereta api asal PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta akan beroperasi tanpa subsidi pemerintah mulai 1 Januari 2014 mendatang. Akibatnya, tarif kereta pun akan naik dari harga sebelumnya. "Ini karena subsidi (kontrak kerja tentang public service obligation) berakhir tahun ini," kata juru bicara Daops VI Sumarsono, Kamis 24 Oktober 2013.

Ia mengatakan ketiga kereta itu adalah Bengawan (Solo Jebres-Tanjung Priok), Progo (Lempuyangan-Pasar Senen), dan Sri Tanjung (Lempuyangan-Banyuwangi). Jika sebelumnya, dengan subsidi pemerintah tarif ketiga kereta itu sebesar Rp 50 ribu, kini meningkat menjadi Rp 95 ribu untuk Bengawan dan Sri Tanjung. Adapun untuk Progo tarifnya sebesar Rp 85 ribu.

Menurut dia, sementara kontrak penyelenggaraan PSO berakhir per Desember 2013 mendatang, kontrak baru untuk tahun 2014 hingga kini belum ada. Di sisi lain, pemesanan tiket untuk Januari 2014 sudah bisa dilakukan mulai hari ini (H minus 90 hari sebelum keberangkatan). Sehingga, Daops VI pun mengumumkan bahwa perubahan tarif baru mulai Januari. "Tapi yang Desember tetap harga lama," kata dia.

PSO, kata dia, adalah pemberian subsidi oleh pemerintah atas selisih tarif antara biaya pengoperasian kereta api dan pendapatan dari kereta jarak jauh. Sepanjang tahun 2013 ini, pemerintah memberikan subsidi itu sebesar Rp 870 milyar untuk kereta yang tercantum dalam kontrak PSO di seluruh Indonesia. Termasuk tiga kereta yang dioperasikan oleh Daops VI Yogyakarta itu.

Ia mengatakan belum tahu hingga kapan tarif baru yan diterapkan mulai Januari 2014 itu akan berlangsung. Namun ia berharap, kontrak baru PSO untuk 2014 segera ditandatangani."Bisa turun lagi harga tarifnya," kata dia.

Sumber


wadohh... bakal di cabut nih subsidinya!!! bisa merana golongan kecil
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive