SITUS BERITA TERBARU

Taman Layak Anak Akan Dibangun di Jakarta Selatan

Wednesday, October 23, 2013
[imagetag]


TEMPO.CO , Jakarta - Suku Dinas Pertamanan Kota Jakarta Selatan menyiapkan konsep Taman Layak Anak. Hal ini sebagai pemenuhan salah satu tujuan pemerintah kota untuk menjadikan Jakarta Selatan sebagai kota ramah anak.

"Kami siapkan konsepnya, inginnya dibangun di tiap kecamatan," ujar Kasudin Pertamanan Kota Jakarta Selatan Nandar Sukandar, Selasa, 22 Oktober 2013. Konsep ini akan dipaparkan esok dalam Rapat Koordinasi Wilayah Jakarta Selatan, untuk meminta aspirasi masyarakat.

Targetnya, taman-taman ini dibangun di daerah padat penduduk, dengan populasi anak-anak yang banyak. Rapat esok, dijadikan survei awal di mana taman-taman tersebut bisa diwujudkan.

"Selain itu kami juga lihat karakteristik anak-anaknya seperti apa untuk membangun fasilitas di sana," ujar ia. Misal, di satu wilayah, anak-anaknya gemar main futsal, maka dibikinkanlah lapang futsal di taman itu. "Bukan lapangan badminton," ujarnya sambil tertawa.

Taman-taman tersebut akan berdiri di lahan-lahan terbuka yang sudah ada di wilayah Jakarta Selatan. Lahan terbuka itu nantinya disulap jadi taman berfasilitas lengkap untuk kebutuhan anak. Tiga faktor utama adalah Bale Pintar, Bale Baca, dan Ruang Kreasi.

Salah satu tempat yang akan dijadikan proyek percontohan taman ini adalah Taman Sepat di Jagakarsa. "Kondisi tamannya sudah matang (siap)," ujarnya. Jika konsepnya disetujui, taman layak anak akan segera dibangun di sana.

Walikota Jakarta Selatan telah mengeluarkan Instruksi Nomor 117 Tahun 2013 terkait ini. Rencananya taman layak anak akan masuk mata anggaran pada tahun depan. "Belum tahu besarannya berapa, karena harus lihat lokasi, kondisi lahan, dan luasnya berapa," ujar ia.

Namun rata-rata ia menaksir pembangunan akan memakan biaya Rp 200-500 juta per taman. "Dengan itu sudah bisa bangun taman layak anak lengkap dengan fasilitas komputer, wifi, taman bermain, dan perpustakaan," ujarnya



sumber.
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive