SITUS BERITA TERBARU

Tahun depan, menteri diharamkan pakai fasilitas first class

Monday, October 28, 2013
[imagetag]

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan memastikan akan memotong anggaran perjalanan dinas beberapa kementerian pada 2014. Selain pemotongan anggaran, Kementerian Keuangan juga menegaskan untuk melarang menteri menikmati layanan first class saat perjalanan dinas.

Menteri Keuangan Chatib Basri menjelaskan, pemotongan anggaran perjalanan dinas dilakukan agar pejabat negara mempunyai rasa sensitifitas terhadap krisis. Pasalnya, saat ini kondisi perekonomian nasional masih dibayang-bayangi bahaya krisis global.

"Pemangkasan perjalanan dinas akan kita lakukan. Penurunan signifikan tapi saya belum sebut angkanya. Ini agar pejabat negara mempunyai sense of crisis harus ada penghematan anggaran. Termasuk tiket first class tidak boleh," ucap Chatib dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (28/10).

Namun demikian, Chatib juga akan mengkaji secara seksama anggaran perjalanan dinas kementerian mana yang pantas dipotong. Chatib tidak ingin pemotongan anggaran dinas itu membuat menteri dan pejabat tersebut produktif bekerja.

"Kita juga akan lihat tupoksinya. Jangan sampai nanti tidak bisa pergi, seperti Kemenlu. Kita akan lihat dengan baik tupoksinya," tegasnya.

Berbeda dengan anggaran perjalanan dinas, anggaran infrastruktur dan anggaran belanja modal tidak akan diturunkan. "Ada penghematan tapi tidak di belanja modal tidak di infrastruktur," tutupnya.

Sumber : MerdekaCom
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive