SITUS BERITA TERBARU

Penjara Pink di Swiss Ubah Perilaku Beringas Para Napi

Friday, October 4, 2013
Quote:[imagetag]
BIEL BIENNE -- Otoritas Penjara khusus laki-laki di Biel Bienne, Swiss, punya cara jitu menetralisasi emosi para penghuni di tahanan. Bersama dengan pakar psikolog setempat, otoritas penjara memberikan sensasi warna di semua ruangan sel.

Otoritas mengubah warna semua dinding penjara menjadi warna pink atau merah muda. Pengurus penjara yakin, dengan warna feminis itu, letupan emosi para pelaku kriminal dapat lebih tenang. Bahkan dikatakan lebih penurut.

''Ini benar-benar bekerja dengan baik. Para tahanan dapat pergi ke sel masing-masing lebih tertib. Mereka tidur lebih cepat dan teratur dengan ruangan pink,'' kata Juru Bicara Penjara, Peter Zimmerman, seperti dilansir the Telegraph, Kamis (12/9).

Penjara di Beil Bienne sedang mencari cara menentramkan emosi warga binaan. Itu dimaksudkan agar pelaku kriminal dapat jera dan tidak lagi kembali ke penjara setelah bebas.

Otoritas setempat percaya kriminal terkait persoalan emosi. Dengan sandi operasi 'Cool Down Pink', penjara tersebut mengganti warna di 30 sel berbeda. Langkah tersebut pun berhasil.

Psikiater Daniela Spath mengatakan sensasi warna mampu mengubah tempramen manusia. Dan pink adalah pilihannya.

Spath menjelaskan penelitian serupa juga pernah dilakukan di London, Inggris. Dikatakan dia, pink adalah warna yang mampu mempengaruhi perasaan gelisah dan marah menjadi lebih menenangkan.

''Pink mengundang suasana pasif,'' kata dia.

Labih jauh, Spath menceritakan warna serupa juga sudah dilakukan di Penjara Texas sejak 2006. Di Texas, para napi mengenakan seragam pink.

sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive