SITUS BERITA TERBARU

PENDIDIKAN PAPUA BERKEMBANG PESAT

Monday, October 28, 2013

Papua yang merupakan bagian dari Indonesia memang kerap kali mempunyai kendala dalam dunia pendidikan. Dengan kekayaan alam yang melimpah ruah, seluruh masyarakat diharapkan dapat ikut mengambil peran untuk merubah kualitas pendidikan di Papua seutuhnya, bukan peran dari pemerintah pusat saja. Diakui oleh Wakil Ketua Komisi E, Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Maddu Mallu bahwa penyebaran guru yang tidak merata di provinsi Papua merupakan salah satu kendala dalam memberi pendidikan keseluruh daerah di Papua. Jumlah penyebaran guru yang tidak merata di pelosok daerah merupakan hambatan besar dalam peningkatan mutu belajar siswa, apalagi ada beberapa daerah yang malahan memiliki kapasitas guru yang berlebih. Daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau sangat perlu penambahan sumber daya manusia dalam peningkatan mutu belajar siswa di provinsi Papua dan sekitarnya.
Salah satu pelajar di Papua mengatakan bahwa pendidikan di daerah sudah jauh lebih maju. Infrastruktur pendidikannya juga tidak kalah dengan sekolah-sekolah di pulau Jawa. Bahkan untuk pelajaran Bahasa Inggris, kini anak-anak Papua sudah diajarkan sejak di bangku SD. Pembangunan infrastruktur di Papua pun sudah berkembang cukup pesat. Hal ini diakui karena fasilitas sekolah tempatnya belajar sama baiknya dengan fasilitas di sekolah-sekolah di pulau Jawa. Bahkan pengalaman siswa Papua yang harus menyeberangi sungai terlebih dahulu untuk bersekolah, sudah mulai berkurang.
Fakta tersebut memang merupakan bukti dari upaya pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan di provinsi Papua dan sekitarnya. Walaupun memang Papua merupakan daerah yang mempunyai kekayaan yang besar, namun dari segi pendidikan memang daerah tersebut masih terbilang kurang. Apalagi jika sumber daya manusia yang memberikan ilmu hanya sedikit atau tersebar dengan tidak merata maka akan semakin sulit pelajar daerah tersebut mendapatkan pendidikan apalagi di pelosok daerah. Namun, pemerintah akan tetap berupaya lebih dalam peningkatan mutu belajar dan pemerataan sumber daya manusia di setiap daerah.
Papua yang masih memiliki keterbatasan dalam memperoleh pendidikan memang harus diberikan bantuan lebih agar masyarakat daerah tersebut memiliki kesempatan memperoleh kelayakan dalam menimba ilmu. Pemerintah daerah serta mentri pendidikan harus bersinergi dalam pembentukan system pendidikan di provinsi Papua dan sekitarnya apalagi memang daerah Papua merupakan daerah yang masih memiliki akses yang rendah dalam menjangkau daerah lain.
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive