SITUS BERITA TERBARU

Pemerintah Menjangkau Kehidupan dari Perkotaan Hingga Pedesaan

Friday, October 11, 2013
Hidup di perkotaan belum tentu mudah untuk meraih kemakmuran hidup. Terbukti dengan banyaknya warga miskin di tengah perkotaan yang sulit untuk mendapatkan modal untuk bertahan hidup. Namun, melalui program subsidi BBM, kini masyarakat perkotaan dimodalkan oleh program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan.

PNPM-Mandiri Perkotaan atau Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) merupakan upaya pemerintah untuk membangun kemandirian masyarakat dan Pemerintah Daerah dalam menanggulangi kemiskinan di perkotaan secara mandiri

PNPM-Mandiri Perkotaan bertujuan untuk terbangunnya lembaga masyarakat berbasis nilai-nilai universal kemanusiaan, prinsip- prinsip kemasyarakatan dan berorientasi pembangunan berkelanjutan, yang aspiratif, representatif, mengakar, mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat miskin, mampu memperkuat aspirasi/ suara masyarakat miskin dalam proses pengambilan keputusan lokal, dan mampu menjadi wadah sinergi masyarakat dalam penyelesaian permasalahan yang ada di wilayahnya;

Selain itu juga untuk meningkatkan akses bagi masyarakat miskin perkotaan kepelayanan sosial, prasarana dan sarana serta pendanaan (modal), termasuk membangun kerjasama dan kemitraan sinergi ke berbagai pihak terkait, dengan menciptakan kepercayaan pihak- pihak terkait tersebut terhadap lembaga masyarakat serta Mengedepankan peran Pemerinatah Kota / Kabupaten agar mereka makin mampu memenuhi kebutuhan masyarakat miskin, baik melalui pengokohan Komite Penanggulangan Kemiskinan (KPK) di wilayahnya, maupun kemitraan dengan masyarakat serta kelompok peduli setempat.

Adanya PNPM Mandiri perkotaan ini, bukan berarti pemerintah tidak memperhatikan kehidupan di pedesaan. Di pedesaan, Pemerintah juga mencanangkan program PNPM Mandiri Infrastruktur Perdesaan. PNPM-Mandiri Infrastruktur adalah program yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan perekonomian masyarakat di daerah yang terpilih.

Hampir sama dengan PNPM Mandiri perkotaan, PNPM Mandiri Pedesaan juga dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Sedangkan tujuan jangka menengah adalah untuk meningkatkan akses masyarakat miskin dan yang mendekati miskin ke infrastruktur dasar di wilayah perdesaan.



Sumber : www.tnp2k.com
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive