SITUS BERITA TERBARU

Pembayaran Pembuatan Paspor Kini Bisa Lewat Bank lho gan..!!

Thursday, October 17, 2013
[imagetag]


Quote:
Jakarta - Para pemohon paspor kini bisa melakukan pembayaran langsung melalui Bank BNI. Cara ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi antrean di kantor-kantor imigrasi.

"Bagi para pemohon paspor yang akan mengajukan permohonan paspor di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, saat ini pembayaran paspor dapat dilakukan langsung ke Bank BNI terdekat," ujar Kabag Humas dan Tata Usaha Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM Heriyanto dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (17/10/2013)

Heriyanto mengatakan uji coba pembayaran paspor melalui Bank BNI dilakukan dalam rangka memberikan kepastian pelayanan, biaya dan transparansi kepada masyarakat. Selain itu, untuk memudahkan proses rekonsiliasi dan mendukung program Pemerintah melakukan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) secara online.

Uji coba dilakukan dalam waktu tujuh hari kerja sejak Rabu (16/10/2013) dan setiap harinya akan dievaluasi oleh tim untuk melihat perkembangan proses pelayanan sehingga didapat kepastian prosedur.

"Diharapkan, ke depan pelayanan pembayaran paspor melalui Bank BNI, baik permohonan paspor baru maupun penggantian, dapat diterapkan pada Kantor Imigrasi di seluruh Indonesia," tuturnya.

Khusus untuk pembayaran paspor melalui Bank BNI di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, berikut prosedurnya:

1. Pada tahap pertama, pemohon datang ke kantor imigrasi dengan membawa persyaratan dokumen yang sah dan masih berlaku, sesuai yang telah ditentukan.

2. Dokumen permohonan diverifikasi oleh petugas loket. Apabila dokumen sudah lengkap dan sesuai dengan yang dipersyaratkan, pemohon akan mendapatkan tanda terima permohonan.

3. Setelah pemohon mendapatkan tanda terima permohonan, segera melakukan pembayaran permohonan paspornya di Bank BNI terdekat.

4. Pada tahap kedua, setelah dua hari pemohon mendapatkan tanda terima permohonan, pemohon datang ke Kantor Imigrasi dengan membawa tanda terima permohonan dan bukti pembayaran di Bank BNI, untuk melakukan foto dan wawancara.

5. Tiga hari kerja setelah foto dan wawancara, paspor selesai dan dapat diambil di kantor imigrasi tersebut.

Sedangkan untuk Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, uji coba pembayaran melalui Bank BNI dilakukan bersamaan dengan uji coba pelayanan paspor satu hari selesai (one day service), dengan prosedur sebagai berikut:

1. Pemohon datang ke Kantor Imigrasi dengan membawa persyaratan dokumen yang sah dan masih berlaku, sesuai yang telah ditentukan.

2. Dokumen permohonan diverifikasi oleh petugas loket. Apabila dokumen sudah lengkap dan sesuai dengan yang dipersyaratkan, pemohon akan mendapatkan tanda terima permohonan.

3. Selanjutnya, pemohon melakukan pembayaran di Bank BNI yang terdapat di Kantor Imigrasi ataupun Bank BNI terdekat. Setelah mendapatkan bukti pembayaran, pemohon mengambil nomor antrean untuk melakukan foto dan wawancara.

4. Setelah melakukan foto dan wawancara, pemohon menunggu proses penyelesaian dan paspor dapat diambil di hari yang sama.


sumber : http://m.detik..com/news/read/2013/10/17/152723/2388309/10/kurangi-antrean-pembayaran-pembuatan-paspor-kini-bisa-lewat-bank

Semoga bisa lancar urusannya bagi masyarakat yang mengurus pasportnya
[imagetag]:
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive