SITUS BERITA TERBARU

Pembangunan Lima Pasar Rakyat Ditunda

Sunday, October 20, 2013
Pembangunan Lima Pasar Rakyat Ditunda

[imagetag]

Quote:Pembangunan lima pasar rakyat yang awalnya akan dimulai pada 13 Oktober lalu mesti ditunda. Peletakan batu pertama di lima pasar rakyat ini masih terkendala hal teknis.

"Dijadwalkan kembali akhir Oktober," kata Direktur Utama PD Pasar Jaya, Djangga Lubis, Ahad, 20 Oktober 2013.

Djangga mengatakan, kendala teknis yang dialami di antaranya perlu ada tahapan untuk membangun pasar, seperti membangun tempat penampungan sementara (TPS), memindahkan pedagang ke TPS, kemudian merubuhkan bangunan lama.

Ia mengatakan, baru dua pasar yang telah dipindah ke TPS, yaitu Pasar Manggis dan Pasar Kebon Bawang. Sementara di Pasar Pesanggrahan, Pasar Kampung Duri, Pasar Nangka, dan Pasar Bungur masih dalam proses pembuatan TPS dan pemindahan pedagang.

Meski belum seluruhnya, Djangga mengklaim pedagang di lima pasar itu setuju untuk dipindahkan. Ditambah lagi, Pasar Jaya menjanjikan pedagang lama tidak akan membayar apa pun untuk biaya pembangunan pasar, tapi hanya dipungut biaya operasional, yakni untuk listrik, kebersihan, dan keamanan.

Rencananya, peletakan batu pertama akan dilakukan secara simbolis oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Pasar Manggis, Jakarta Selatan. Anggaran untuk revitalisasi kelima pasar mencapai Rp 50 miliar.

Setelah pembangunan rampung, pedagang lama akan diprioritaskan mendapatkan kios baru. Kemudian pedagang kaki lima (PKL) di sekitar pasar juga akan diakomodasi masuk ke dalam pasar.

SUMBER
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive