SITUS BERITA TERBARU

[Negara Maling] Venezuela Tahan Kapal Eksplorasi Amerika

Wednesday, October 16, 2013
[imagetag]

Metrotvnews.com, Caracas: Venezuela pada Jumat (11/10) menahan kapal eksplorasi minyak Amerika Serikat yang dikirim dari Guyana di perairan lepas pantainya yang disengketakan kedua negara bertetangga itu. Kapal itu dideteksi dan dicegat karena melakukan kegiatan-kegiatan ilegal di daerah perbatasan laut yang diklaim Venezuela.

Kementerian Luar negeri Venezuela mengatakan itu. Guyana sebelumnya mengatakan kapal Angkatan laut Venezuela berhadapan dengan kapal Teknik Perdana, Kamis (10/10), ketika melakukan eksplorasi di lepas pantai Esequitiba, wilayah perbatasan seluas 159.500 km yang kaya
sumber-sumber mineral dan diklaim Venezuela sejak 1897.

"Kapal yang dikontrakkan pada Anadarko Petroleum Corporation yang berpangkalan di Texas diperintahkan berlayar ke Pulau Margarita di
Venezuela," kata Kementerian Luar Negeri Guyana. Venezuela mengatakan kapal itu menurut jadwal akan tiba di pulau lepas pantai timur laut negara itu pada pukul 10.30 GMT (17.30 WIB) Sabtu (12/10).

Venezuela menyatakan protes keras atas kegiatan-kegiatan pencarian dan ksplorasi di laut maritim Venezuela oleh Teknik Perdana. Venezuela juga meminta Kemenlu Guyana memberikan penjelasan menyangkut insiden itu. (Ant)

Editor: Wisnu AS

asu

ga rakyatnya, ga pemerintahannya, sama-sama maling [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive