SITUS BERITA TERBARU

Misteri Bunda Putri: Mengapa PKS Kompak Menutupinya & SBY Bereaksi Keras?

Saturday, October 12, 2013
PKS Tusuk Jantung Istana
Sabtu, 12 Oktober 2013 | 11:01 WIB

[imagetag]
mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq

inilah..com, Jakarta - Kesaksian mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq di sidang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta terkait Bunda Putri yang disebut orang dekat Presiden SBY seperti menusuk jantung Istana. Lagi-lagi Istana disebut terseret dalam pusaran kasus korupsi. Kesaksian Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq dalam persidangan terdakwa Ahmad Fathanah di Pengaddilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (10/10/2013) menyebutkan sosok Bunda Putri sebagai orang dekat Presiden SBY. "Bunda Putri ini adalah orang yang setahu saya dekat dengan Presiden SBY," ungkap mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq.

Dalam kesaksiannya, Luthfi menyebut dirinya mengenal Bunda Putri dari Ketua Majelis Syura PKS Hilmi Aminuddin. "Itu yang saya dengar dari pimpinan saya di PKS. Dia penghubung dewan pembina dengan dewan pembina. Lalu saya disuruh mengumpulkan informasi dari dia," tambah Luthfi. Kesakian Luthfi Hasan Ishaaq yang di bawah sumpah al-Quran dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta ini langsung mendapat reaksi keras dari Presiden SBY beberapa jam setelah kesaksian tersebut. Begitu mendarat di Halim Perdana Kusumah usai rangkaian acara APEC di Bali dan KTT ASEAN di Brunei Darussalam, SBY langsung membantah kesakian Luthfi Hasan Ishaaq.

Presiden SBY menyebutkan kesaksian Luthfi Hasan Ishaaq merupakan bohong besar. Ia membantah kesaksian Luthfi Hasan Ishaaq ihwal kedekatan dirinya dengan Bunda Putri. "Bunda Putri orang dekat dengan SBY, 1.000 persen Luthfi bohong," tegas SBY. SBY melanjutkan soal informasi Bunda Putri mengetahui reshuflle kabinet juga merupakan informasi yang bohong. Ia menyebutkan istrinya pun, Ani Yudhoyono tidak mengetahui persoalan reshuffle kabinet. "Dia (Bunda Putri) sangat tahu kebijakan reshuffle, 2.000 persen bohong. Apa? kalau ada reshuffle kabinet, istri saya pun tahu, tidak semua menteri tahu. Kalau ada reshuffle yang saja ajak bicara Wapres, seketarisnya Mensenseg," urai Presiden SBY.

Wakil Sekjen DPP PKS Fahri Hamzah justru menguatkan pernyataan Luthfi Hasan Ishaaq di persidangan Pengadilan Tipikor. Justru Fahri menyebut, SBY pura-pura tidak tahu soal Bunda Putri. "SBY berlagak pilon. Setiap orang yang ketemu LHI atas namakakan SBY pasti dikonfirmasi," tegas Fahri saat dikonfirmasi, Jumat (11/10/2013). Lebih lanjut Fahri menyebutkan seharusnya KPK segera merespons setiap keterangan yang muncul di persidangan Tipikor. Menurut dia, KPK selalu menciptakan missing link dalam berbagai kasus yang dikaitkan dengan penguasa. "Dalam kasus Hambalang, kesaksian Yulianis tidak ditindaklanjuti, dalam kasus impor daging sapi soal Segman dan Bunda Putri juga tidak ditindaklanjuti. KPK selalu potong rantai yang menghubungkan ke Istana. Akhirnya kasihan Presiden SBY menjelaskan sendiri," urai Fahri. Padahal, kata Fahri, jika KPK menghadirkan Sengman dan Bunda Putri, persoalan akan menjadi terang. Menurut dia, munculnya dua aktor tersebut merupakan hasil sadapan percakapan. "Kenapa kalau terkait orang-orang tertentu KPK sangat semangat kayak sampai tuntas, tapi begitu menyinggung Istana kayaknya tidak berani untuk ditindaklanjuti?" keluh Fahri.
http://nasional.inilah..com/read/det...jantung-istana

Amarah SBY Seolah Benarkan Kesaksian Luthfi PKS
Sabtu, 12 Oktober 2013 | 03:02 WIB

[imagetag]
SBY

inilah..com, Jakarta - Kemarahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) seolah membenarkan kesaksian bekas Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (10/10/2013). Dalam kesaksian itu, LHI menyebut bahwa sosok Bunda Putri merupakan orang dekat Ketua Umum Partai Demokrat itu. Demikian disampaikan Psikologi Politik dari Universitas Indonesia (UI) Hamdi Muluk, kepada inilah..com, Jakarta, Jumat (11/10/2013) malam. Menurutnya, semakin SBY membela diri dengan emosional, maka orang semakin curiga bahwa kesaksian LHI soal Bunda Putri adalah benar. "Tidak usah terlalu reaktif, kalau reaktif orang bisa berprasangka kalau itu benar. Kalau terlalu serius, orang bisa membenarkan hal itu," kata Hamdi.

Menurutnya, bahasa tubuh Presiden SBY saat memberikan keterangan pers terkait kesaksian LHI soal kedekatan Bunda Putri dengan SBY akan semakin memperkeruh suasana. "Kalau emosional membantah, orang bisa mengambil kesimpulan, itu bisa dikatakan benar. Tapi kalau menganggap biasa, orang bisa mengatakan bahwa itu adalah fitnah," lagi Hamdi menegaskan. "Maksud saya persoalan apakah itu broker penghubung ke istana, semua orang juga tahu dalam konteks politik, kalau ada orang-orang bergerilya dibawah tanah dalam politik itu ada, jadi tidak usah digembor-gemborkan," tambah Hamdi.

Seperti diberitakan sebelumnya, usai melakukan kunjungan kenegaraan Presiden SBY menyampaikan pidato yang membantah pernyataan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq. SBY menegaskan jika Luthfi berbohong. "Bunda Putri orang yang sangat dekat dengan Presiden, 1000 persen Luthfi bohong. Saya tidak tahu, saya tidak kenal, dan tidak ada kaitan dengan saya," kata Presiden saat jumpa pers di Pangkalan TNI Angkatan Udara. Nada bicara Presiden sedikit tinggi. Presiden mengatakan, lantaran tidak mengenal, dirinya langsung mencari tahu siapa Bunda Putri. Presiden mengaku memerintahkan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi untuk menghubungi Menteri Pertanian Suswono.
http://nasional.inilah..com/read/det...s#.UljaUdLfCok

PKS Kompak Tutupi Bunda Putri
Jum'at, 11 Oktober 2013 , 07:23:00

JAKARTA - Kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kompak menutupi sosok Bunda Putri yang selama ini disebut-sebut terkait perkara pengaturan kuota daging impor. Mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) pun tak membuka tabir Bunda Putri meski didesak majelis hakim. LHI diminta keterangannya sebagai saksi untuk terdakwa Ahmad Fathanah yang tak lain sahabatnya sendiri. LHI mengaku kenal tahu Bunda Putri dari Ketua Majelis Syura PKS, Hilmi Aminuddin. "Saya dikenalkan Ketua Majelis Syuro PKS (Hilmi Aminuddin)," ujar pejabat asal Malang itu. Dia mengaku dikenalkan Hilmi untuk menanyakan perihal reshuffle. Lagi-lagi LHI nyatut nama Presiden SBY. Dia mengatakan Bunda Putri sangat dengan dengan Presiden sehingga tahu kebijakan orang nomor satu di Indonesia itu. "Saya tidak mengetahui lebih detail, sebab dikenalkannya cuma Bunda Putri begitu saja," paparnya.

Hakim Hendra Yusmin sanksi atas pernyataan LHI. Hakim heran mengapa LHI tidak tahu nama orang sepenting itu. "Aneh, kenal dia tapi anda tidak tahu namanya. Ini tidak logis, apalagi anda mengatakan sosok itu penting," ujar hakim. Meski mengaku tak tahu namanya, namun LHI bisa mengatakan banyak hal terkait Bunda Putri. Misalnya saja perempuan itu dikenalnya sebagai pengusaha yang memiliki perusahaan di luar negeri. Bunda Putri juga seorang janda dari seorang pria warga negara asing. " Bunda Putri adalah penghubung antara sejumlah dewan pembina parpol. Saya pernah lihat foto ayahnya seorang pendiri Partai Golkar," ujarnya.

Bukan hanya LHI, sebelumnya anak Hilmi Aminuddin, Ridwan Hakim juga bungkam ditanya soal nama Bunda Putri. Begitu pula Menteri Pertanian Suswono. Menteri asal PKS itu mengaku tak tahu nama Bunda Putri. Meskipun dia pernah malam-malam bertamu di rumah janda tersebut.
Sejumlah kader PKS saat memberikan kesaksian memang terkesan nyokot sejumlah nama. Bukan oleh LHI saja nama Presiden SBY disebut. Ridwan Hakim juga pernah menyebut orang-orang disekitar Istana. Begitu pula Menteri Suswono yang mencatut nama adik Wakil Presiden Boediono, Tuti Iswari.

LHI kemarin juga mencatut Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf. LHI dalam perkara ini dia hanya membantu menyampaikan ke Menteri Pertanian terkait krisis daging yang terjadi. "Saya hanya membantu termasuk mencarikan data. Saya sempat ke Jawa Timur bertemu dengan Wakil Gubernur untuk menanyakan data karena provinsi itu salah satu penghasil sapi terbesar," papar pria yang memiliki tiga istri itu. Dikonfirmasi terkait namanya dicatut LHI, Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf mengaku dirinya tidak pernah memberikan data apapun, apalagi terkait daging sapi. "Jawa Timur ini malah kelebihan sapi dan yang termasuk menolak masuknya sapi dari luar," ujarnya.

Gus Ipul mengaku dirinya memang pernah ketemu LHI Malang dalam sebuah acara PKS. "Ketika itu saya mewakili Pakde (Gubernur Soekarwo), ya datang saya karena kan mau mencalonan," ungkapnya. Terkait banyaknya nama yang dicatut-catut dalam persidangan selama ini, Ketua Majelis Hakim Nawawi Ponolango sempat geram. "Persidangan ini bukan ruang untuk menyerang pihak lain. Nyekak sana, nyekak sini," papar hakim yang kerap melontarkan joke-joke segar itu
http://www.jpnn.com/read/2013/10/11/...i-Bunda-Putri-

Sidang Fathanah
Luthfi Kenal Bunda Putri dari Ketua Majelis Syuro PKS, Ustadz Hilmi
Kamis, 10/10/2013 14:14 WIB

Jakarta - Terdakwa kasus suap impor daging Luthfi Hasan Ishaaq tahu Bunda Putri karena dikenalkan oleh Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminudin. "Dikenalkan Ketua Majelis Syuro karena (Bunda Putri) selalu punya informasi yang dipercaya," kata Luthfi saat bersaksi untuk Ahmad Fathanah di Pengadilan Tipikor, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Kamis (10/10/2013). "Antara yang menghubungkan dewan pembina dengan dewan pembina," sambung dia.

Itulah yang membuat Luthfi begitu percaya dengan Bunda Putri. Terlebih lagi Bunda Putri punya cukup banyak informasi menguntungkan bagi posisi Suswono sebagai Menteri Pertanian. "Lalu saya direkomendasikan untuk mengumpulkan informasi dari dia dan menyampaikan informasi kepada dia," papar Luthfi. Meski begitu, Luthfi mengaku tidak tahu banyak siapa sosok Bunda Putri sebenarnya. Namun saat Luthfi ke rumah Bunda Putri, dia sempat melihat ada foto salah seorang pendiri Golkar. Tapi Luthfi mengaku tidak kenal. "Karena yang merekomendasikan orang yang sangat saya percaya, saya merasa tidak perlu memverifikasi," kata Luthfi.
http://news.detik..com/read/2013/10/...elis-syuro-pks

Luthfi Tutupi Sosok Bunda Putri ke Pengacaranya
SENIN, 02 SEPTEMBER 2013 | 14:43 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Muhammad Assegaf, pengacara Luthfi Hasan Ishaaq, menyatakan belum mengetahui identitas sejumlah orang yang mencuat dalam percakapan telepon kliennya. Ia baru mengetahui nama-nama, yang salah satunya disebut Bunda Putri, setelah percakapan telepon dibuka di pengadilan. "Selama berinteraksi sama dia, kami belum pernah dengar nama-nama itu," ujar Assegaf saat bertandang ke Komisi Pemberantasan Korupsi untuk meminta izin jenguk kliennya, Senin, 2 September 2013. Rekaman pembicaraan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan dengan seseorang yang disebutnya sebagai "Bunda Putri" diputar dalam persidangan Ahmad Fathanah. Dalam rekaman itu, Luthfi menyebut Bunda Putri sebagai orang yang sanggup mempengaruhi para pembuat kebijakan di negeri ini.

Dalam percakapan yang disadap Komisi Pemberantasan Korupsi pada 28 Januari 2013 sekitar pukul 11.00 itu, Luthfi bicara panjang-lebar dengan "Bunda Putri" soal penempatan orang-orang tertentu dalam pemerintahan dan pertemuan dengan orang-orang penting, seperti "Mas Bud" dan "Dipo". Ridwan Hakim, anak Hilmi Aminuddin, Ketua Majelis Syuro PKS, dalam persidangan menyatakan tidak tahu nama lengkap "Bunda Putri". Dia hanya tahu nama sapaan perempuan itu, yakni "Bunda Putri". Menurut Ridwan, perempuan itu seorang pengusaha yang punya perkebunan di Kalimantan. Dia mengenalnya sejak tiga tahun lalu. Assegaf mengatakan nama-nama itu juga tidak tertera dalam dokumen pemeriksaan Luthfi yang diserahkan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi kepadanya. Ia pun berharap Luthfi bisa mengungkapkannya kepada pengacara agar siap pada saat pembelaan. "Saya katakan, ini suatu surprise baru buat kami," ujar dia.
http://www.tempo.co/read/news/2013/0...e-Pengacaranya

Siapa Sosok Bunda Putri?
Jumat, 11 Oktober 2013 | 19:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com � Sosok Bunda Putri menjadi terkenal saat disebut berkali-kali dalam persidangan perkara kasus dugaan korupsi impor daging sapi. Bunda Putri juga disebut memiliki sebuah perusahaan pupuk dan memiliki pengaruh ke pihak Istana untuk mengatur reshuffle atau perombakan kabinet.

Lalu, siapakah sosok Bunda Putri?

1. Bunda Putri dan Luthfi Hasan Ishaaq
Nama Bunda Putri disebut oleh mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Kamis (10/10/2013). Luthfi mengaku kenal dengan Bunda Putri lantaran dikenalkan oleh Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin. Ia mengatakan tidak tahu nama asli Bunda Putri. Namun, Luthfi mengetahui bahwa saat berkunjung ke rumah Bunda Putri, terdapat foto dari ayah Bunda Putri yang merupakan pendiri Golkar. Luthfi pun menuturkan Bunda Putri adalah orang yang sangat dekat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Luthfi pernah mendatangi rumah Bunda Putri di Pondok Indah, Jakarta Selatan, pasca-penangkapan Ahmad Fathanah oleh KPK. Luthfi langsung menanyakan adakah rencana reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu. Ia mengaitkan penangkapan Fathanah dengan isu kebijakan reshuffle oleh Presiden. Sebab, awalnya, ia mendengar kabar ada seorang sopir menteri yang juga ditangkap KPK. Penangkapan itu diduga hanya untuk menggeser jabatan menteri dari PKS. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun memiliki rekaman perbincangan pada Januari 2013. Di dalam rekaman itu, Luthfi menyebut Bunda Putri adalah seseorang yang mengondisikan para pengambil keputusan. Awalnya pembicaraan antara Luthfi dan Ridwan melalui telepon.

2. Bunda Putri dan Anak Petinggi PKS
Ridwan Hakim adalah putra Hilmi Aminuddin. Dia juga mengenal sosok Bunda Putri. Menurutnya, Bunda Putri adalah seorang mentor bisnis. Pada saat Fathanah ditangkap, Ridwan tengah berada di rumah Bunda Putri. Anehnya, ketika itu Bunda Putri meminta Ridwan untuk menyambungkan telepon kepada Luthfi untuk menanyakan soal duduk perkara penangkapan tersebut.

3. Bunda Putri dan Menteri Pertanian
Bunda Putri yang dikenal memiliki jaringan luas juga diketahui mengenal Menteri Pertanian Suswono. Menteri asal PKS ini mengaku pernah mendatangi pabrik pupuk organik milik Bunda Putri di Kalimantan. "Pernah waktu itu di Kalimantan Barat ketika mengunjungi pabrik pupuk organiknya dia. Seingat saya, itu pertama kalinya saya ketemu," ujar Suswono di Kompleks Parlemen, Rabu (5/9/2013). Suswono mengungkapkan, selain pertemuan itu, dia juga sempat melihat Bunda Putri dalam acara PKK yang dihadiri Presiden. Ketika itu, lanjutnya, Presiden hadir dalam rangka perencanaan gerakan perempuan untuk pekarangan. Saat dicecar wartawan tentang identitas Bunda Putri, Suswono terus mengelak. "Yang pasti dia tidak bermain di Kementan (Kementerian Pertanian)," ujar Suswono.

4. Bunda Putri, istri Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian
Beredar informasi dari internal Komisi IV DPR RI, sosok Bunda Putri adalah istri dari Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Hasanuddin Ibrahim alias Odeng. Odeng pun sempat terlihat gugup saat seluruh media massa membidik wajahnya lewat kamera di dalam rapat pada 5 September lalu. Seusai rapat, Odeng tidak memberi jawaban yang tegas saat dikonfirmasi mengenai kabar bahwa Bunda Putri adalah istrinya. Odeng tidak membantah, tetapi juga tidak membenarkan dengan alasan tak ingin hal-hal pribadinya, seperti keluarga, diusik. "Pertanyaan yang dimaksud makhluk Allah namanya Bunda, saya tidak mengerti, kan banyak. Nama bisa sama, siapa pun bisa mirip. Pastikan dulu. Saya enggak mau ditanya soal rumah tangga saya, clear," tandasnya.

5. Bunda Putri dan Golkar
Berdasarkan keterangan Luthfi, Bunda Putri adalah anak dari pendiri Partai Golkar. Menurut sumber internal Golkar, Bunda Putri adalah anak Mayjen TNI Achmadi, mantan Menteri Penerangan di Kabinet Dwikora era Orde Lama. Namun, sumber itu tidak mengetahui apakah Achmadi adalah pendiri partai. Dia hanya menyebutkan bahwa Achmadi memiliki anak bernama Gina yang bertugas di Jepang dan Sugeng yang bekerja sebagai staf salah satu departemen.

Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Priya Ramadhani menuturkan Achmadi adalah Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta tahun 1980-an. Dia memiliki anak banyak. Salah satu anaknya, kata Priya, menikah dengan mantan Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Fajar Panjaitan. �Tapi saya tidak tahu kalau ada anaknya yang bernama Bunda Putri atau Non Saputri seperti yang ditanyakan tadi,� ungkap Priya, saat dihubungi Jumat (11/10/2013) siang ini.

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung pun tak mengetahui sosok Bunda Putri. �Saya tidak tahu siapa itu Bunda Putri, baru dengar juga. Siapa ayahnya?� tutur Akbar. Saat ditanyakan soal Achmadi, Akbar mengakui pernah mengenal nama itu. �Saya pernah dengar nama ini, tapi enggak tahu siapa saja anaknya,� ucap Akbar.

Hingga kini, sosok Bunda Putri masih misterius. Meski demikian, Presiden sudah menggelar jumpa pers untuk mengklarifikasi pernyataan Luthfi terkait Bunda Putri. SBY marah dan menyatakan semua yang dikatakan Luthfi adalah kebohongan. Ia pun sudah mengklarifikasinya ke Menteri Pertanian, Menteri Sekretaris Negara, hingga pihak keluarga. Dari keterangan itu, Presiden baru mengetahui bahwa Bunda Putri adalah istri dari seorang pejabat di Kementerian Pertanian. SBY berjanji akan mengumpulkan informasi untuk membuka sosok Bunda Putri.
http://nasional.kompas.com/read/2013...k.Bunda.Putri.

Dipo Alam: Petinggi PKS yang Paling Tahu dan Kenal Bunda Putri
Sabtu , 12/Oktober/2013 10:49 wita

[imagetag]
Dipo Alam (kini.co)

JAKARTA, RAYATSULSEL.COM- Nama Bunda Putri terus menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan. Namun kingga kini, sosok Bunda Putri masih misterius. Seperti dilansir Rakyat Merdeka Online, Sabtu, (12/10), Sekretaris Kabinet, Dipo Alam, mengatakan bahwa yang paling tahu soal Bunda Putri adalah elit Partai Keadilan Sejahtera (PKS). �Yang paling tau & kenal dengan Bunda Puteri, menurut dialog Hakim dengan pesakitan dan saksi di pengadilan Tipikor KPK ialah petinggi PKS,� kata Dipo Alam melalui akun twitter-nya @dipoalam49 ( Sabtu, 12/10).
http://rakyatsulsel.com/dipo-alam-pe...nda-putri.html

-------------------------------

[imagetag]

Kayaknya itu 'isteri simpanan' ... makanya ditutup-tutupi atau malahan 'lady escort'-nya PKS? wuakakakakkk .....



[imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive