SITUS BERITA TERBARU

Mendikbud: Forum Rektor jangan terjebak politik praktis

Wednesday, October 2, 2013
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengharapkan agar Forum Rektor tidak terjebak dalam politik praktis guna dukung mendukung calon presiden tertentu.

"Jauh lebih bagus menyampaikan persoalan yang sedang dihadapi bangsa, dan sebaiknya ke depan seperti apa. Itu lebih elegan sekaligus menjaga untuk tidak terjebak pada politik praktis," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

Hal itu dikatakan M Nuh menanggapi pertanyaan wartawan seputar rencana Forum Rektor Indonesia yang akan menggelar acara konvensi calon Presiden.

Menurut M Nuh, penyelenggaran konvensi itu merupakan hak setiap warga negara dalam iklim demokratis. Namun demikian, menurut dia, perguruan tinggi tidak dalam kapasitas untuk mengajukan calon Presiden.

Calon Presiden saat ini menjadi ranah partai-partai politik. Untuk itu, katanya, yang bisa disumbangkan oleh para rektor tersebut adalah dengan memberikan berbagai gambaran dan pandangan-pandangan tentang kondisi Indonesia untuk diperbaiki.

"Justru dari parpol manapun capresnya dan siapapun orangnya, yang penting pokok pikirannya bisa dimanfaatkan. Jadi lebih pada substansi, apa yang sedang dihadapi bangsa. Perguruan tinggi tidak dalam kapasitas menyeleksi capres," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Forum Rektor Indonesia (FRI) akan menggelar forum untuk mencari calon pemimpin bangsa ke depan. Rencananya, forum itu akan mengutamakan program yang diusung untuk mengatasi persoalan bangsa.

"Dalam forum ini, yang paling pokok adalah `platform` semua partai dan semua calon presiden itu harus dalam program. Tidak lagi popularitas dan elektabilitas," kata Ketua FRI Prof Laode M. Kamaluddin di Semarang, Sabtu lalu.

Ia mengakui langkah tersebut merupakan terobosan baru yang dilakukan kalangan perguruan tinggi demi nasib bangsa Indonesia ke depan, mengingat hal semacam ini dulu menjadi semacam langkah yang tabu.

"Ini sebuah langkah baru dan menjadi kesepakatan FRI yang beranggotakan sebanyak 3.200 rektor. Semuanya (rektor) setuju dengan pandangan itu, sebagai penjaga gawang hati nurani bangsa," katanya.

Nantinya, kata dia, sebagaimana diprogramkan, FRI akan mengundang semua tokoh yang memiliki program mengatasi persoalan bangsa dan berani berdialog turun ke kampus dalam sebuah konvensi capres pada Desember 2013.

Sumber: http://www.antaranews.com/

Nuh: Forum Rektor Tak Punya Kapasitas Seleksi Capres

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh berpendapat, sebaiknya Forum Rektor Indonesia (FRI) tidak perlu menggelar Konvensi Calon Presiden 2014. Lebih baik, menurut Nuh, FRI membuat kajian mengatasi berbagai permasalahan Indonesia untuk diselesaikan pemimpin selanjutnya.

"(Konvensi) ini bagian dari demokrasi. Tapi lebih bagus dari para rektor memberikan pemikiran kepada siapa saja yang maju (pilpres) untuk kemajuan bangsa. Itu lebih elok sehingga tidak terjebak politik praktis," kata Nuh di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (1/10/2013), ketika dimintai tanggapan rencana FRI menggelar konvensi.

Menurut Nuh, FRI terlalu jauh berpikir soal seleksi bakal capres. Pasalnya, kata dia, yang berhak untuk mengajukan capres-cawapres adalah partai politik. Bakal menjadi persoalan jika ternyata tidak ada parpol yang mau mengusung hasil Konvensi FRI lantaran parpol peserta pemilu sudah memiliki kandidat masing-masing.

"Jadi, dari parpol manapun, siapapun capresnya, yang penting pokok pikiran para rektor bisa dimanfaatkan. Lebih pada substansi apa yang sedang dihadapi. Itu lebih elegan, menjaga untuk tidak terjebak politik praktis. Perguruan tinggi tidak dalam kapasitas menyeleksi capres," pungkas Nuh.

Seperti diberitakan, FRI beralasan konvensi untuk memberikan banyak kandidat pemimpin selanjutnya. FRI menyebut tengah menyusun mekanisme konvensi. Diusahakan Desember 2013 bisa mulai berjalan.

Sumber: nasional.kompas.com

like us Forum Rektor Indonesia, follow us @ForumRektorID

Bagaimana menurut agan2 nih....??? [imagetag] [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive