SITUS BERITA TERBARU

Kurangi Kepadatan, KA Ekspres Surabaya-Malang Segera Beroperasi

Monday, October 28, 2013
Quote:Merespons semakin tingginya mobilitas penduduk dari Surabaya ke Malang dan sebaliknya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai 1 November nanti akan mengoperasikan Kereta Api Penataran Ekspres. Kereta ini diharapkan menjadi angkutan alternatif untuk mengurangi kepadatan arus Surabaya-Malang.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Sri Winarto menjelaskan, Kereta Api Kelas Ekonomi AC itu nantinya dalam sehari akan melayani tiga kali perjalanan pulang pergi, dengan waktu tempuh 2 jam lima menit sekali perjalanan.

"Kereta ini menyediakan sejumlah fasilitas bagi penumpang, antara lain, Air Conditioner (AC) dan akses listrik bagi laptop danponsel selama perjalanan," katanya, Jumat (25/10/2013).

Kereta Penataran Ekspres, kata Sri Winarto, hanya berhenti di stasiun Lawang, Sidoarjo, Waru, Wonokromo, dan di Surabaya, Gubeng. Pemberhentian di stasiun Waru diharapkan benar-benar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyambung moda transportasi lain, karena stasiun Waru letaknya terkoneksi dengan terminal Purabaya dan bandara Juanda.

Kepala Bidang Kereta Api dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Provinsi Jatim, Isa Anshori mengatakan, mulanya untuk jurusan Surabaya - Malang direncanakan menggunakan jenis Kereta Rel Diesel (KRD). Namun saat diujicoba, ternyata tidak mampu menaiki tanjakan pada ketinggian tertentu. Karena tidak mampu melalui medan tanjakan, akhirnya kereta tersebut terpaksa dikandangkan.

"Kereta yang dipersiapkan nanti menggunakan lokomotif, jadi tetap dapat menaiki titik-titik tanjakan," ujarnya.


Sumber

Semoga tarifnya bisa bersaing dengan Penataran, kalau bisa cukup 5 ribu saja [imagetag]

harus diakui jalur ke Malang memang terjal, wajar jika KRD ada yang klenger (mungkin harus ada KRD yang lebih kuat)
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive