SITUS BERITA TERBARU

KPK Berani ndak ya Minta Kesaksian Bunda Putri, Pasti ndak deh :D

Friday, October 18, 2013
KPK Pastikan Tak Akan Hadirkan Bunda Putri
Quote:inilah..com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memastikan bahwa jaksa penuntut umum (JPU) tidak akan memanggil sosok yang disebut bunda putri sebagai saksi.

Sebelumnya diyakini sosok ini akan dipanggil sebagai saksi dalam sidang perkara dugaan suap dan pencucian uang kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian (Kemtan).

Juru Bicara KPK Johan Budi Sapto Prabowo berdalih pemanggilan tidak lakukan karena tidak ditemukan kaitan antara perkara suap impor daging sapi dengan bunda putri.

"Dalam konteks mendakwa Ahmad Fathanah apakah keterangan sosok bunda diperlukan atau tidak, kan tidak ada kaitannya. Oleh karena itu, jaksa menganggap belum akan hadirkan sosok bunda putri dalam persidangan," kata Johan di kantor KPK, Rabu (16/10/2013).

Johan memaparkan nama bunda putri muncul dari proses di persidangan, yaitu ada percakapan antara terdakwa Luthfi dengan seseorang. Kemudian seseorang itu menyebut nama bunda putri dan itu berkaitan dengan penempatan orang atau jabatan. Sehingga, tidak ada kaitan langsung dengan perkara suap impor daging sapi.

Namun, Johan mengungkapkan masih ada celah agar bunda putri dihadirkan dalam persidangan, yaitu melalui perintah hakim.

"Hakim bisa perintahkan jaksa KPK. Jika hakim perintahkan hadirkan, tentu jaksa KPK akan lakukan itu," tandasnya.[jat]


Sumber : KPK Pastikan Tak Akan Hadirkan Bunda Putri

Yusril: KPK Harus Ungkap Misteri Bunda Putri
Quote:
VIVAnews - Sosok Bunda Puteri yang muncul dalam kasus suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian masih misterius. Tak hanya membuat masyarakat umum penasaran, Bunda Putri juga membuat petinggi negeri ini sibuk mencari identitasnya.

Saat menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara, Yusril mengaku tidak pernah mendengar nama sosok yang disebut dapat mempengaruhi kebijakan reshuffle Presiden SBY itu. Ia mengatakan Mensesneg saat ini, Sudi Silalahi mungkin mengetahui, meskipun Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam juga tidak tahu.

"Jadi tetap misteri dan di media sosial disebut tentang beliau tapi tidak tahu kebenarannya. Kalau saya ditanya kenal nggak dengan Bunda Putri, saya nggak kenal. Kenalnya Eyang Putri, istrinya Eyang Subur," selorohnya saat ditemui di Universitas Indonesia (UI), Salemba, Jakarta, Senin 14 Oktober 2013.

Menurut Yusril, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lebih baik menyelidiki orang yang disebut Bunda Putri itu. Dengan demikian, imbuhnya, masyarakat tidak lagi bertanya-tanya.

"Kemudian diungkapkan peranannya dalam berbagai kasus di negara kita itu," kata Yusril yang juga mantan menteri hukum dan HAM ini.

Yusril merasa aneh dengan munculnya nama Bunda Putri tersebut. Sebab, sebelumnya, juga muncul nama lain yaitu Sengman tetapi juga belum diketahui identitas yang sebenarnya.

"Ujung-ujungnya nggak jelas siapa dia dan apa peranannya. Nanti bulan depan muncul lagi nama baru. Sama lagi, hilang begitu saja," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden SBY sampai mengerahkan menteri-menteri untuk mencari tahu siapa Bunda Putri itu. Selengkapnya, baca di tautan ini. (umi)

Sumber : http://nasional.news.viva.co.id/news...ri-bunda-putri

KPK Belum Berencana Jadikan Bunda Putri Saksi di Pengadilan Tipikor
Quote:Jakarta - KPK belum akan memanggil Bunda Putri ke persidangan di Pengadilan Tipikor. KPK menilai Bunda Putri tidak terkait dengan kasus yang disidangkan.

"Dalam konteks mendakwa Fathanah, apakah keterangan sosok BundaPutri diperlukan atau tidak, kan tidak ada kaitannya. Karena itu jaksa menganggap belum akan hadirkan sosok Bunda Putri dalam persidangan," kata Jubir KPK, Johan Budi di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (16/10/2013).

Menurut Johan, nama Bunda Putri muncul dari proses di persidangan dimana ada percakapan Luthfi dengan seseorang yang disebut bernama Bunda Putri. Nama Bunda Putri tak pernah muncul di proses penyidikan.

"Namanya tidak muncul saat proses penyidikan," tambahnya.

Namun dia menambahkan, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor memiliki kewenangan bila memang menginginkan agar dihadirkan sosok Bunda Putri. Majelis hakim bisa memerintahkan jaksa penuntut untuk mendatangkan Bunda Putri.

"Hakim bisa perintahkan jaksa KPK, perlu dihadirkan atau tidak. Kalau hakim perintahkan hadirkan tentu jaksa KPK akan lakukan itu," pungkasnya.

Sumber : KPK Belum Berencana Jadikan Bunda Putri Saksi di Pengadilan Tipikor
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive