SITUS BERITA TERBARU

Jokowi: Enggak Ngurus Copras-capres, Ngurusnya Kaki Lima

Sunday, October 6, 2013
Quote:[imagetag]

JAKARTA, KOMPAS.com - Walaupun Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berulang kali tak mau mengurusi kabarnya maju dalam bursa calon presiden 2014, hal itu tak membuat awak media berhenti penasaran.

Saat ia bersama sang istri, Iriana Widodo selesai berkeliling Kaki Lima Night Market, pertanyaan menggelitik mengenai capres 2014 masih saja ditanyakan. Kini ada yang bertanya terkait isu tim Ketua DPR Marzuki Alie yang mulai mendekati Jokowi untuk bersama maju dalam Pilpres 2014.

Kembali, Jokowi menjawabnya dengan santai. Ia mengaku hanya ingin mengurusi segala permasalahan Jakarta, seperti pedagang kaki lima (PKL), Blok G Tanah Abang, dan Waduk Ria Rio.

"Sudah saya sampaikan bolak-balik, saya enggak ngurusin survai-survei, enggak ngurus copras-capres, ngurusnya kaki lima. Sudahlah cukup, ngurus kaki lima aja," kata Jokowi, di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Sabtu (5/10/2013) malam.

Selama seharian ini, Jokowi menghabiskan waktunya bersama Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri.

Menurut Jokowi, aksi blusukannya ke Waduk Pluit, Waduk Ria Rio, dan makan siang di sebuah warteg di Pulo Mas bukan merupakan kampanye terselubung. Saat itu, ia berperan sebagai kader PDI-Perjuangan yang menemani sang atasan, Megawati.

Kemudian, apakah di dalam perjalanan blusukannya itu Megawati dan Jokowi terlibat pembicaraan mengenai Pilpres 2014? Menjawab itu, Jokowi kembali menyerahkan urusan politis kepada DPP dan Megawati.

"Ya tahun depan, memang tahun depan, masak tahun belakang. Tapi kan saya enggak mengurus copras-capres, survai-survei. Kalau wilayah politik, tanyakan ke ibu ketua umum," ujar Jokowi seraya meninggalkan awak media.

Siang tadi, Jokowi tiba-tiba saja mendapat panggilan mendadak dari sang ketua umum yang juga mantan Presiden RI tersebut. Jokowi bersama Megawati pun keliling bersama salah satu putra Megawati yang juga kader PDI-P Prananda Prabowo.

Di sana, Megawati bercerita tentang mimpi-mimpi ayahnya, Soekarno untuk penghijauan Jakarta. Setelah mengunjungi Waduk Pluit, Jokowi dan Megawati mengunjungi Waduk Ria Rio, Pulo Mas, Jakarta Timur untuk melihat pembangunan di sana.

Setelah puas melihat pelaksanaan penghijauan di Jakarta, Jokowi bersama Megawati, anak Megawati, Prananda Prabowo makan siang di warung tegal (warteg) tepat di samping SMA 21, Jakarta Timur.

Di sana, Megawati menjelaskan, kalau keberadaan warteg sebenarnya telah dirintis sejak zaman Sultan Agung. Pada saat menyerang Batavia, Sultan Agung membangun suatu sistem logistik untuk mendukung gerakan pasukannya. Salah satunya adalah warung seperti warteg. Megawati juga berpesan kepada Jokowi untuk sering makan di warteg agar gemuk.


Sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive