SITUS BERITA TERBARU

Jokowi Eksekusi Monorel

Wednesday, October 16, 2013
[imagetag]

Jakarta-Kluget.com, Pemprov DKI Jakarta bersama PT Jakarta Monorail akan menggelar groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek pembangunan angkutan massal monorel. Jokowi melakukan groundbreaking kelanjutan pembangunan monorel di Tugu 66, Kuningan, Jakarta Selatan. "Setelah proyek ini terhenti selama 5 tahun, dengan mengucap bismillah pada tanggal 16 Oktober 2013, saya nyatakan proyek monorel oleh PT Jakarta Monorail saya nyatakan dilanjutkan kembali," kata Jokowi di lokasi peresmian, Rabu (16/10/2013) didampingi Investor Mayoritas PT Jakarta Monorail Edward Soeryajaya dari Ortus Infrastructure Capital Limited (Ortus).

Ide pembangunan moda transportasi massal Monorel di Jakarta sebenarnya sudah lama muncul. Konstruksinya mulai dibangun pada tahun 2004 dan berlanjut di tahun 2005. Namun tahun 2011 proyek tersebut resmi dihentikan. Di tahun 2005, Gubernur DKI Jakarta saat itu, Sutiyoso mencoba menjalankan proyek ini. Sejumlah tiang sudah berdiri, namun umur proyek tersebut tak panjang. Akhirnya proyek ini secara resmi dihentikan oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) pada tahun 2011. Saat itu Foke berpendapat perencanaan Monorail dijalankan tidak profesional, dan Foke ingin membatalkan saja kontrak Monorail tersebut, tapi kemudian pihak PT JM sebelum investor baru masuk menuntut penggantian pembatalan kontrak sebesar Rp. 600 milyar, dan Pemda DKI tidak menanggapi. Barulah ketika Jokowi mendapatkan kemenangan politik di Pilkada DKI 2012, Proyek itu dilanjutkan. Jokowi melakukan langkah taktis, pertama Jokowi berhasil menyelesaikan konflik internal PT Jakarta Monorail dengan mengatalisator investor baru, kedua Jokowi berhasil meyakinkan pemegang saham lain di PT JM yaitu PT Adhi Karya untuk keluar dari PT JM dan sebagai barter dengan dibantu Menteri BUMN Dahlan Iskan, PT Adhi Karya dapat proyek monorail baru di luar Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Jokowi mengatakan, pembangunan proyek Monorel di Jakarta ini ditargetkan selesai tiga tahun mendatang. Pada proyek ini, PT Jakarta Monorail yang menggandeng BUMN Cina, China Communications Construction Company Ltd (CCCC) itu akan membangun sekitar 30 stasiun pada rute green line. Sehingga secara keseluruhan membutuhkan 1.200 tiang. Bagi Jokowi pembangunan monorail ini merupakan simbol dari keberhasilan transportasi publik di DKI Jakarta, karena ini menjadi langkah awal dimulainya pergeseran budaya transportasi pribadi ke transportasi publik.
Jalur pertama yang dibangun adalah jalur green line,yakni dari Kuningan sampai Dukuh Atas. Nantinya Monorel tersebut akan terintegrasi dengan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

Juru Bicara PT Jakarta Monorel Bovanantoo menyebutkan jalur Monorel yang bernama Jakarta Eco Transportation (JET) yang akan dibangun ini memiliki rute Kuningan - Setiabudi- Dukuh Atas - Karet - Pejompongan - Pal Merah - Asia Afrika - SCBD - Komdak - Satria Mandala - Gatot Subroto - Grand Melia.

Sumber : Kluget.com

Quote:Pak Jokowi memuaskan Para Warganya Melalui Pelayanan yang Nyaman, Aman, Tepat Waktu, Terukur dan Terkendali...
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive