SITUS BERITA TERBARU

Jokowi Capres Murni Muncul dari Publik

Monday, October 28, 2013
Quote:[imagetag]


Hasil sigi Political Weather Station (PWS) menempatkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai calon presiden alternatif pada Pemilu 2014. Jokowi meraup 70,1 persen suara dari 1.070 responden sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan, mengungguli Puan Maharani yang hanya meraup 15,7 persen.

Dalam kalkulasi kompilasi terhadap calon alternatif dari semua partai Pemilu 2014, Jokowi juga berada di posisi puncak. Mantan Wali Kota Solo itu unggul dari Priyo Budi Santoso yang hanya meraup 39,3 persen suara dari 1.070 responden untuk capres Golkar, dan Marzukie Ali yang meraih 33,7 persen suara di Demokrat.

"Nama Jokowi muncul dari publik," kata periset PWS Imam Sofian dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu, 27 Oktober 2013. PWS, kata Imam, mengajukan pertanyaan terbuka kepada responden. Kepada 1.070 responden, PWS meminta responden untuk menyebutkan siapa capres pilihan mereka berdasarkan masing-masing partai.

Menurut Imam, sigi PWS berlangsung dari 21 September - 24 Oktober 2013. Juru survey PWS mewawancarai 1.070 responden yang diambil lewat teknik multistage random sampling itu dengan tatap muka langsung. Wawancara telepon hanya digunakan untuk mengkonfirmasi jawaban.

Imam mengatakan, level of confidence sigi PWS sebesar 95 persen. Margin of error hasil sigi plus minus 3 persen. Selain menyigi calon presiden alternatif non-ketua partai/ ketua dewan pembina, PWS juga menyigi calon presiden yang menduduki posisi sebagai orang tertinggi di partainya masing-masing. Hasilnya, Ketua Dewan Pembina Gerinda Prabowo Subianto meraup suara tertinggi dengan capaian 16,7 persen dari 1.070 responden, disusul Megawati Soekarnoputri 12,5 persen, dan Aburizal Bakrie 10,9 persen.

Menurut Imam, saat ini sudah bukan jamannya setiap ketua partai atau ketua dewan pembina otomatis punya tiket maju sebagai calon presiden. Partai, katanya, harus melihat kader-kader mudanya yang dianggap layak oleh publik untuk menjadi calon presiden.


SUMBER



Jokowi memang top markotop .... Pilihhan Rakyat [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive