SITUS BERITA TERBARU

Jepang Akan Bangun Pembangkit Listrik Canggih di Jawa Tengah

Monday, October 7, 2013
[imagetag]Pemimpin ekonomi Jepang PM Shinzo Abe (kiri) didampingi Ketua APEC CEO Summit 2013 Wishnu Wardhana (kanan) tiba di ruang dialog sesi kesembilan APEC CEO Summit 2013 di BICC, Nusa Dua, Bali, Senin (7/10). (sumber: Antara)


Nusa Dua -Kerjasama antara Pemerintah Jepang dengan Indonesia tidak hanya terbatas pada investasi semata, tapi juga alih teknologi. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan, Jepang akan membantu Indonesia membangun pembangkit listrik tenaga batubara terbaik di dunia menggunakan bahan lokal di Jawa Tengah.

Pembangkit listrik dari batubara menyumbang 40% kapasitas listrik dunia.

"Jepang menawarkan teknologi Ultra Super Critical Generation, yang mempunyai tingkat efisiensi pembakaran hingga 43% dibandingkan rata-rata dunia, sekitar 10%. Uniknya lagi, teknologi ini tidak akan kehilangan efisiensi meskipun dioperasikan untuk waktu lama," ujar Abe.

Abe mengatakan teknologi yang lebih ramah lingkungan inilah yang akan dibawa ke Indonesia.
"Kami akan membangun dua pembangkit bertenaga 1 juta Kw masing-masing dengan teknologi ini. Pembangkit ini merupakan pembangkit dengan kapasitas tertinggi di dunia," ujarnya.

Abe mengatakan proyek ini bernilai US$ 4 miliar dan Jepang telah merampungkan kontrak dengan Indonesia untuk menjual listrik selama 25 tahun.

Abe menambahkan, pihaknya akan bekerjasama dengan Adaro Energy, sebagai pemasok batubara yang dibutuhkan untuk pembangkit tersebut.

"Jika Anda memiliki rencana membangun infrastruktur untuk kebutuhan, ingatlah Jepang yang siap membantu," pungkasnya.

Penulis: Faisal Maliki Baskoro/NAD

nah gitu dong bagi2 ilmu dg alih teknologi..
Jepang emang [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive