SITUS BERITA TERBARU

GERINDRA dan HANURA salip-salipan, DEMOKRAT- PKS semakin suram !

Tuesday, October 22, 2013
[bantu forward / for your info]

SURVEY IRC : Periode 25 September - Oktober 2013
Responden sebanyak : 4.900 orang
Area Survey 22 zona : Jawa, Bali dan Sumatera
MoE lebih kurang : 0,77 persen
Tingkat kepercayaan : 95 persen

suaramerdeka.com [22 Oktober 2013 | 15:51 wib] - Survei elektabilitas calon presiden masih menempatkan Gubernur DKI Joko Widodo di posisi teratas. Di posisi kedua, mantan Panglima TNI Wiranto menyodok, sedangkan tokoh-tokoh yang ikut konvensi Partai Demokrat nampak belum bisa bersaing.

Survei dilakukan Indonesia Research Centre (IRC) pada 25 September 2013 lalu. Responden sebanyak 4.900 orang dipilih secara acak sistematik bertingkat (multistage random). Dengan ambang kesalahan (MoE) lebih kurang 0,77 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan temuan dari 22 area survey yang tersebar di sebagian pulau Jawa, Bali dan Sumatera :

PDI-P diperingkat pertama dengan (elektabilitas 19.6%).
GOLKAR Peringkat kedua (16.2%). "Kedua partai 'senior' ini nampaknya saling bersaing cukup ketat guna menarik lebih banyak simpati pemilih," kata Head of Research IRC Yunita Mandolang dalam keterangan persnya, Selasa (22/10).

Pada posisi ketiga terjadi persaingan sengit antara tiga partai yakni :
Demokrat (7.8%),
Hanura (7.2 %) dan
Gerindra (7%).

Posisi empat diperebutkan oleh :
Partai Nasdem (5,6%),
PKS (5,1%),
PPP (4,8%),
PKB (4,1%), dan
PAN (3,5%).


Elektabilitas Presiden

Untuk elektabilitas calon presiden, posisi Gubernur DKI Joko Widodo masih belum tergoyahkan di posisi teratas dengan elektabilitas 34.5 persen. Menurut Yunita, dengan mempertimbangkan perbedaan margin kesalahan yang cukup lebar, bisa dikatakan posisi Jokowi berada di atas angin.

Perubahan urutan capres yang signifikan terjadi di posisi kedua. Dalam survei-survei sebelumnya, posisi kedua selalu tidak lepas dari genggaman Mantan Danjen Kopassus Prabowo Subianto. Namun saat ini, posisinya digeser oleh Mantan Panglima TNI Wiranto yang sejak Mei lalu mengumumkan secara resmi akan berpasangan dengan Hary Tanoesoedibjo.

Sementara itu, posisi Ketua Umum PartaiGolkar Aburizal Bakrie berada di peringkat keempat dengan elektabilitas 8.1 persen, disusul Jusuf Kalla (6.2%) dan Megawati (6%).

Bagaimana dengan figur-figur yang ikut dalam konvensi Partai Demokrat? Menurut Yunita, capres Demokrat saat ini belum cukup mampu bersaing karena daya elektabilitas yang rendah. Elektabilitas tertinggi hanya dimiliki Dahlan Iskan (2.8%).

"Sedangkan Pramono Edhie, Irman Gusman dan Gita Wirjawan kurang dari 1 persen," ungkapnya


SUMBER : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_smg/2013/10/22/176678/Elektabilitas-Capres-Demokrat-Rendah-Wiranto-HT-Menyodok

------------------------------------

hmmmm.... yang menarik persaingan keduanya. Mereka tidak menyadari kalo partai lain sudah kelibas akibat balapan kedua partai ini. Hanura dan Gerindra
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive