SITUS BERITA TERBARU

Di Pontianak, Biaya Perjalanan Dinas Dihemat Buat Bangun Infrastruktur

Thursday, October 17, 2013
Quote:Di Pontianak, Biaya Perjalanan Dinas Dihemat Buat Bangun Infrastruktur


Penulis : Agustinus Handoko
Kamis, 17 Oktober 2013 | 12:09 WIB


Quote:
[imagetag]
Jembatan Kapuas di Pontianak, Kalimantan Barat, masih ditutup untuk dilalui mobil dan kendaraan berukuran lebih besar, menyusul tertabraknya tiang jembatan oleh kapal tongkang pada Jumat (30/8/2013) malam. Pengguna jalan dialihkan ke Jembatan Kapuas II, meski harus memutar 16 kilometer, atau menumpang kapal penyeberangan. | KOMPAS.com/Agustinus Handoko


PONTIANAK, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Pontianak menggelontorkan tambahan dana untuk mempercepat pembangunan infrastruktur jalan pada semester II 2013.

Sebagian dana yang digunakan, berasal dari penghematan anggaran perjalan dinas dan sejumlah pos lain. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Kota Pontianak 2013 ditetapkan sebesar Rp 1,418 triliun.

Wali Kota Pontianak Sutarmidji, Kamis (17/10/2013) menjelaskan, sisa lebih perhitungan anggaran 2012 mencapai Rp 108 miliar.

"Ada banyak penghematan anggaran dalam beberapa tahun sehingga alokasi untuk pembangunan infrastruktur jalan bisa meningkat. Anggaran perjalanan dinas misalnya, semula dianggarkan Rp 13 miliar. Namun, yang digunakan hanya Rp 5,7 miliar sehingga bisa digunakan untuk anggaran pembangunan tahun berikutnya," kata Sutarmidji.

Pembangunan infrastruktur jalan dan pembangunan sarana kesehatan serta pendidikan menjadi prioritas di Kota Pontianak. Ini dilakukan karena tuntutan pertumbuhan wilayah kota.

Di sisi lain, Kota Pontianak tak memiliki sumber daya alam yang bisa diandalkan untuk membiayai pembangunan. Peningkatan infrastruktur dinilai menjadi solusi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Kompas.com


Memang seperti itu seharusnya [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive