SITUS BERITA TERBARU

Cumi-cumi Seberat 180 Kg Terdampar di Pantai Spanyol

Wednesday, October 9, 2013
[imagetag]

Penduduk sekitar pantai La Arena di Cantabria, Spanyol, belum lama ini dikejutkan dengan terdamparnya sebuah hewan raksasa. Hewan tersebut adalah cumi-cumi yang memiliki ukuran mata lebih besar daripada telapak tangan orang dewasa!

Melihat cumi-cumi ini, mungkin Anda tak percaya bahwa hewan tersebut asli, bukan monster di cerita fiksi. Menurut situs El Diario Montanes (02/10/13), panjang hewan ini lebih dari 10 meter dengan berat 180 kg! Wah, jika dibuat calamari (cumi goreng tepung), bisa jadi berapa potong ya?

Cumi-cumi tersebut memiliki delapan lengan dengan dua lengan yang panjangnya lebih dari empat kali panjang seluruh tubuhnya. Kini raksasa laut tersebut berada di Museum Kelautan Cantabria.

Hewan yang terdampar pada Selasa (01/10/13) tersebut adalah spesimen Architeuthis dux, invertebrata terbesar di bumi. Matanyapun merupakan yang terbesar di kerajaan hewan.

Menurut Museum of Zoology University of Michigan, ukuran matanya bisa sebesar kepala manusia! Hal ini memungkinkan cumi-cumi melihat dengan penerangan minim di laut dalam.

Tak banyak yang tahu habitat cumi-cumi tersebut, namun peneliti mengatakan bahwa raksasa ini diduga tinggal di perairan sejuk. Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa darah mereka tak membawa oksigen dengan baik di suhu tinggi.

Seperti Cephalopoda jenis lain (termasuk cumi-cumi, gurita, sotong, dll), Architeuthis diperkirakan memiliki sistem saraf yang luas dan otak yang kompleks.

sumber:
http://food.detik..com/read/2013/10/...yol?d880005297

gile bener besar amat [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive