SITUS BERITA TERBARU

[Cuma Latihan] Swiss vs Perancis

Wednesday, October 2, 2013
[imagetag] [imagetag] [imagetag]


[imagetag]
Pasukan infantri Swiss tengah membentuk formasi bertahan di samping sebuah kendaraan lapis baja. Swiss adalah sebuah negara netral dan tidak pernah berperang selama 200 tahun terakhir.

BERN, KOMPAS.com - Agustus lalu, angkatan darat Swiss menggelar latihan perang dan yang menjadi musuh dalam latihan itu adalah Perancis. Demikian dikabarkan sebuah surat kabar lokal.

Dalam latihan itu "diceritakan" krisis ekonomi melanda Perancis yang membuat negeri itu terpecah belah menjadi negara-negara kecil.

Salah satu negara pecahan Perancis itu bersiap untuk menyerang Swiss untuk mengambil aset yang telah "dicuri" negeri cokelat itu.

"Latihan ini sama sekali tidak terkait dengan Perancis," kata komandan Brigade Kendaraan Lapis Baja Swiss, Daniel Berger.

"Latihan ini sudah dipersiapkan sejak 2012 saat hubungan keuangan kedua negara sedang tidak baik," tambah dia.

Dalam latihan militer tahun lalu, Swiss juga memilih tema yang hampir sama. Saat itu skenario yang digunakan adalah cara menangkal banjir imigran akibat kerusuhan sosial menyusul ambruknya mata uang euro.

Sebagai sebuah negara Swiss yang konsisten menjaga kenetralannya, tidak pernah terlibat perang selama 200 tahun terakhir. Meski tidak pernah berperang, pasukan Swiss kerap terlibat dalam misi penjaga perdamaian di seluruh dunia.

Saat ini, angkatan bersenjata Swiss hanya memiliki 200.000 personel, terdiri atas 120.000 anggota reguler dan 80.000 pasukan cadangan. Meski personel militernya terbilang minim, Swiss memiliki peralatan tempur yang cukup modern seperti tank Leopard atau jet tempur F-18.

Sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive