SITUS BERITA TERBARU

|CETAR| Kuota Impor Daging Sapi: Yudi Setiawan, Juard Effendi, Luthfi, Fathanah, Elda

Tuesday, October 8, 2013
Senin, 07 Oktober 2013 | 18:01
Yudi Setiawan Akui Minta Jatah Kuota Impor Daging Sapi ke Luthfi Hasan Ishaaq

[imagetag]

Mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq (ketiga dari kiri) saat menghadiri acara ulang tahun Yudi Setiawan (tak tampak dalam foto) pada 29 Juni 2012 yang digelar di Restoran Merah Delima, Jakarta. (sumber: Istimewa)

Jakarta - Direktur PT Cipta Terang Abadi (CTA) dan Cipta Inti Parmindo (CIP), Yudi Setiawan, mengaku memang meminta jatah kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian (Kemtan) kepada terdakwa Luthfi Hasan Ishaaq yang ketika itu masih menjabat sebagai Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Awalnya saya tahu dari Fathanah (impor daging sapi). Saat awal waktu bertemu pak Luthfi saya sampaikan memang minta jatah kuota impor untuk daging dan hewan," kata Yudi ketika bersaksi untuk terdakwa Luthfi Hasan dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (7/10).

Kemudian, diakui Yudi, dia memerintahkan Elda Devianne Adiningrat (komisaris PT Radina Bioadicipta) untuk mengurus permintaan kuota daging sapi di kemtan.

Bahkan diakui oleh Yudi sempat ada pembicaraan dengan terdakwa Luthfi Hasan dan Ahmad Fathanah perihal impor daging sapi tersebut sebanyak dua kali. Menurut Yudi, yang menentukan perihal jatah 8.000 ton adalah Fathanah atas persetujuan Luthfi Hasan Ishaaq.


Namun, Yudi mengaku tidak tahu kelanjutan perihal proyek impor daging sapi tersebut karena sudah dipenjara.

Seperti diketahui, Luthfi Hasan Ishaaq terancam pidana selama 20 tahun penjara karena disangkakan menerima suap Rp 1,3 miliar terkait rekomendasi penambahan kuota impor daging di Kemtan. Uang Rp 1,3 miliar itu sendiri sebagian dari komitmen keseluruhan sebesar Rp 40 miliar jika PT Indoguna Utama mendapatkan penambahan kuota impor daging sapi sebanyak 8.000 ton pada tahun 2013.

Code:
http://www.beritasatu.com/nasional/142905-yudi-setiawan-akui-minta-jatah-kuota-impor-daging-sapi-ke-luthfi-hasan-ishaaq.html



Yudi Sebut Pernah Diimingi Penambahan Kuota Impor Daging
Laporan: Mufti Sholih
Senin, 07 Oktober 2013 | 17:06 WIB



Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur PT Cipta Terang Abadi, Yudi Setiawan, mengaku pernah diimingi jatah penambahan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian. Tawaran datang dari Ahmad Fathanah. Tergoda, Yudi sempat berniat mengikuti lelang dan berdiskusi dengan Fathanah dan Luthfi Hasan Ishaaq, bekas Presiden Partai Keadilan Sejahtera.

"Saat itu, saya juga minta jatah kuota impor," kata Yudi saat bersaksi pada sidang lanjutan kasus suap izin impor daging sapi dengan terdakwa Luthfi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (7/10).

Yudi mengatakan, Fathanah sempat menyarankan agar dirinya menyiapkan perusahaan baru yang bergerak di bidang impor daging. Lalu ia meminta bantuan istrinya, Elda Devianne Adiningrat, untuk menyiapkan perusahaan yang dimaksud.

"Ada empat sampai lima (perusahaan). Tapi saya nggak ingat. Perusahaan pinjaman," jelas Yudi.

Yudi hanya mengingat nama satu perusahaan: PT Indoguna Utama. Bahkan, ketika bertemu di Mal Senayan City, Direktur PT Indoguna Juard Effendi menyarankan agar dirinya menanyakan jumlah kuota impor kepada uztaz.

"Cuma diminta pastikan, tanyakan saja sama uztaz kira-kira jatahmu berapa," kata Yudi menirukan ucapan Juard kala itu. "Uztaz tak lain adalah Luthfi."


Yudi menambahkan, Fathanah pernah menjanjikan jatah 8.000 ton pengadaan impor daging. "Saya minta kuota impor, yang menentukan 8.000 ton itu Fathanah. Tentunya atas persetujuan Luthfi," kata Yudi.

Code:
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/10/07/6/186700/Yudi-Sebut-Pernah-Diimingi-Penambahan-Kuota-Impor-Daging


[imagetag] Mo ngeles apalagi nih para SAPI PKS? Andalin si Romli lagi?
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive