SITUS BERITA TERBARU

BlackBerry Digugat oleh Ribuan Pemegang Sahamnya

Sunday, October 6, 2013
[imagetag]

TEMPO.CO, Toronto - Para pemegang saham BlackBerry Ltd menggugat perusahaan dan eksekutifnya pada hari Jumat. Dalam gugatannya, mereka menuduh Blackberry sengaja menggelembungkan harga saham dengan memberi gambaran menyesatkan tentang prospek bisnis Blackberry 10.

BlackBerry, sebelumnya bernama Research In Motion Ltd, dituduh menyesatkan investor pada tahun lalu dengan mengatakan "komitmen keuangan dan operasional perusahaan mengalami kemajuan", juga bahwa platform Blackberry 10 diterima dengan baik oleh pengembang. Gugatan yang diwakilkan pada firma hukum Marvin Pearlstein ini sudah diajukan melalui pengadilan federal Manhattan.

Ribuan penggugat merupakan pemegang saham yang membeli saham sekitar tanggal 27 September 2012 hingga 20 September pada tahun ini. Saat itu, perusahaan memuji diri berada dalam posisi keuangan yang kuat. "Pada kenyataannya, BlackBerry 10 tidak diterima dengan baik oleh pasar. Perusahaan juga akan memecat sekitar 4.500 karyawan atau sekitar 40 persen dari total tenaga kerja," demikian salah satu bunyi gugatan.

Selain BlackBerry, Chief Executive Thorsten Heinsdan dan Chief Financial Officer Brian Bidulka juga digugat. Seorang juru bicara untuk BlackBerry menolak untuk berkomentar.

BlackBerry yang kian terpuruk baru-baru ini menerima tawaran pembelian tentatif senilai US$ 4,7 miliar dari Fairfax Financial Holdings, bulan lalu. Namun beberapa sumber yang dekat dengan masalah tersebut kepada Reuters menyatakan, perusahaan juga sedang dalam pembicaraan dengan Cisco Systems, Google, dan SAP tentang penjualan seluruhnya atau sebagian dari perusahaan.

http://www.tempo.co/read/news/2013/1...egang-Sahamnya

Waduh kasian investornya, pada bangkrut [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive