SITUS BERITA TERBARU

Belajar dari RI, Vietnam Kini Salip Indonesia Soal Produksi Ikan Patin

Wednesday, October 9, 2013
Ya Ampun , ternyata Kita malah Import Ikan Patin tho? bukanya banyak yang dipake perlombaan mancing Patin di kolam-kolam pemancingan ya [imagetag]

Quote:
[imagetag]
Jakarta - Selain dari Thailand, Indonesia juga masih ketergantungan impor ikan patin dan produk olahan ikan patin dari Vietnam. Namun ironisnya, dahulu Vietnam pernah belajar budidaya ikan patin dari Indonesia.

"Vietnam memang awalnya mereka belajar dari kita tepatnya belajar dari Kalimantan Selatan," ungkap Dirjen Pemasaran dan Pengolahan Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Saut P Hutagalung saat ditemui di Gedung DPR Senayan Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Bahkan Saut menjelaskan produksi ikan patin di Vietnam saat ini jumlahnya jauh lebih besar bila dibandingkan produksi Indonesia. Hal ini karena teknik budidaya ikan patin di Vietnam sedikit berbeda dengan apa yang dilakukan di Indonesia. Sedangkan untuk harga, ikan patin Vietnam jauh lebih murah.

"Vietnam bisa produksi ikan patin itu 350 ton/hektar kalau kita cuma 70 ton/hektar. Di sana itu kolomnya cukup dalam. Kalau harga ikan patin Vietnam sampai ke Indonesia itu Rp 28.000/kg, kalau ikan patin kita harganya Rp 33.000-36.000/kg," imbuhnya.

Kebutuhan ikan patin Indonesia menurut Saut sebesar 700 ton/bulan. Sedangkan hanya 100-120 ton yang bisa diproduksi di dalam negeri sisanya impor.

Untuk mengembangkan ikan patin yang bernilai tambah, pemerintah Indonesia di tahun ini membangun 6 pabrik pengolahan ikan patin. Pabrik-pabrik itu dibangun untuk mengolah sekaligus mencukupi kebutuhan masyarakat pada ikan patin.

"Kita bangun 6 pabrik pengolahan ikan patin itu di Cikarang, Muara Baru, Sidoardjo, Jambi, Tulungagung dan Purwakarta dengan kapasitas 350 ton/bulan. Tahun ini diproyeksi bisa meningkat 600 ton/bulan," katanya.
(wij/hen)

Sumber: http://finance.detik..com/read/2013/...patin?f9911023
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive