SITUS BERITA TERBARU

Ahok ditawari teknologi penyulingan air laut dari Bulgaria

Friday, October 18, 2013
Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menerima kunjungan Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria Bunyan Saptomo dan Wakil Gubernur Sofia (Ibukota Bulgaria) Daniele Bakardzhieva. Dalam pertemuan tersebut, Bulgaria ingin mengajak Pemprov DKI Jakarta bekerjasama di bidang ekonomi dan kebudayaan.

"Wagub Sofia akan mengadakan pertemuan dengan wagub Jakarta untuk membahas kemungkinan kerjasama antara kedua provinsi. Yang dibahas tadi kerjasama di bidang ekonomi dan kebudayaan," ucap Bunyan Saptomo usai bertemu Ahok di Balai Kota Jakarta, Kamis (17/10).

Menurutnya, kerjasama bidang ekonomi adalah penyulingan air laut menjadi air tawar yang siap diminum tanpa harus dimasak. Kemudian juga pengolahan sampah.

"Tadi Pak wagub sudah menunjuk perusahaan di Jakarta untuk kemungkinan pengembangan kerjasama ini. Jadi kerjasama antara perusahaan-perusahaan di sana dan di sini, ini lebih banyak bisnis," ungkapnya.

Untuk kerjasama dalam pengelolaan sampah ada kemungkinan melalui joint venture antara perusahaan Sofia dan Jakarta. "Teknisnya nantilah dibahas, ini kan baru penjajakan," ucapnya.

Kemudian, di bidang kebudayaan kemungkinan dikembangkan kerjasama untuk pertukaran pelatih. Pasalnya, Indonesia kuat di bidang badminton, sedangkan Bulgaria kuat di bidang gimnastik dan voli (nomor 4 di dunia).

"Kemungkinan ada juga kerjasama melalui pertukaran tim kesenian dari kedua negara. Tahun ini, Jakarta sudah ngirim tim kesenian ke bulgaria, tapi bukan ke Sofia, lain kali mungkin ada yang dari sofia ke Jakarta atau sebaliknya. Itulah kemungkinan kerjasama yang bisa dikembangkan," jelasnya.

Namun, untuk kerjasama di bidang pendidikan hanya dalam bentuk pelatihan. Karena, di Bulgaria terdapat national academy of sport untuk mendidik para atlet yang berpotensi.

"Bahkan mereka dapat gelar sampai master dan doktor. Begitulah perhatiannya terhadap bidang olahraga," katanya.

Sementara itu, Wagub Sofia, Daniele memilih Jakarta untuk dilakukan kerjasama karena kedua kota tersebut sama-sama Ibukota dan ada kemiripan antara Jakarta dan Sofia.

"Tapi bukan di bidang ekonomi. Pertemuan ini adalah permulaan," katanya.

Untuk itu, dia berharap ada pertukaran praktik kerjasama baik bidang ekonomi maupun kebudayaan. Terutama olahraga dan ekonomi.
[bal]

http://www.merdeka.com/jakarta/ahok-...-bulgaria.html

wah boleh tuh.harusnya indo dari dulu punya teknologi suling sendiri.kan byk air laut...
masalahnya gw rada geli sih klo sumber air nya dari pluit,tanjung priok,ancol.....[imagetag][imagetag][imagetag][imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive