SITUS BERITA TERBARU

Wakil Menteri Kebudayaan Wiendu Nuryanti - Jamu sebagai Warisan Budaya Dunia!

Friday, September 27, 2013
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti optimistis Badan PBB yang mengurusi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan (UNESCO) menetapkan jamu sebagai salah satu warisan budaya dunia.

"Saat ini masih dalam tahap awal pengajuan dan kami sudah berusaha meperjuangkannya menjadi warisan dunia seperti halnya subak yang ada di Bali," katanya usai mengikuti Kongres Kebudayaan di Sanur, Denpasar, Selasa.

Pihaknya sengaja memilih jamu untuk diusulkan menjadi warisan dunia karena sudah mengakar pada kebudayaan masyarakat setempat.

"Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki warisan jamu tradisional yang menjadi andalannya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit maupun fungsi lainnya," katanya.

Menurut dia, jamu itu tidak hanya dikenal di negara sendiri bahkan sudah meluas hingga ke negara maju lainnya.

Sebelumnya pendiri Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri), Jaya Suprana mengusulkan agar jamu asal Indonesia mendapat pengakuan dunia sebagai warisan budaya asli tanah air ke UNESCO.

"Kami sudah membicarakan dan membahas hal ini dengan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujarnya.

Pihaknya terus memperjuangkan agar jamu-jamu yang berakar dari budaya asli masyarakat Indonesia memperoleh pengakuan dunia sebagai warisan kebudayaan dunia dari UNESCO.

Apalagi, kata dia, sejak dahulu, setiap daerah di Indonesia memiliki jamu sendiri-sendiri sehingga tingkat keragamannya sangat tinggi.

Sumber Berita: Wiendu Nuryanti: Jamu jadi Warisan Budaya yang diakui UNESCO

wow mantep nih gan, wakil menteri kebudayaan Wiendu Nuryanti ngusulin Jamu jadi warisan Budaya UNESCO. Sebelumnya, Batik yang diusulkan jadi warisan budaya UNESCO sudah berhasil dan sekarang resmi jadi warisan budaya Dunia.
"Sejak diakui sebagai warisan dunia (sejak 2009), sampai sekarang omset batik meningkat jadi 300 persen dengan nilai omset Rp1 triliun. Begitu juga dengan serapan tenaga kerja dalam menggeluti bidang batik jumlahnya terus meningkat" kata Wiendu Nuryanti. Jawa Pos
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive