SITUS BERITA TERBARU

Usai Gempa Pakistan, Pulau Baru Muncul di Laut

Wednesday, September 25, 2013
[imagetag]

Gempa Pakistan berkekuatan 7,7 skala richter menewaskan lebih dari 200 orang di Pakistan. Usai gempa dahsyat tersebut, sebuah pulau baru muncul di pesisir Gwadar, wilayah Balukistan.

Menurut seorang pejabat pemerintah, dilansir CNN, pulau yang muncul di lautan itu memiliki tinggi hingga 30 meter dan lebar 60 meter. Menurutnya, pulau serupa pernah muncul di tempat yang sama 60 tahun lalu, namun menghilang lagi.

Menurut pakar geofisika di US Geological Survey, John Bellini, fenomena munculnya pulau baru usai terjadi gempa tidak selalu terjadi. Banyak faktor seperti adanya gelombang pasang, diduga menjadi salah satu penyebab munculnya pulau baru di sana.

Direktur Jenderal Departemen Meteorologi Pakistan, Arif Mahmood, mengatakan bahwa kemungkinan pulau itu muncul akibat getaran yang menyebabkan tanah di bawah laut naik. Namun menurutnya, hal ini perlu penelitian lebih lanjut.

Analisis lainnya disampaikan oleh Lamont Doherty dari Pusat Pengamatan bumi di Columbia University. Dia mengatakan bahwa pulau tersebut adalah dataran sementara yang tercipta akibat gunung api lumpur.

Pulau tersebut, lanjutnya, terjadi akibat naiknya lumpur, pasir, dan air akibat getaran dan tekanan di dasar laut saat gempa terjadi. "Lapisan lumpur di bawah tanah bergetar, dan pasir menjadi padat," ujarnya.

Gempa yang terjadi di Pakistan telah menewaskan sedikitnya 208 orang. Kebanyakan mereka tertimpa bangunan yang menggunakan bahan dasar lumpur. Lebih dari seribu tentara diturunkan untuk mengevakuasi para korban.

sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive