SITUS BERITA TERBARU

Tips Membuka Usaha Warnet

Tuesday, September 3, 2013
Untuk menentukan berapa modal yang dibutuhkan untuk membuat sebuah usaha warnet, tentunya sangat relatif bergantung dari infrastruktur serta peralatan yang ingin kita siapkan.

Pertama dari tempatnya dulu. Bila tempat sudah ada, semisal Anda memanfaatkan garasi ataupun salah satu ruangan di dalam rumah sebagai lokasinya, maka akan memangkas modal yang akan dikeluarkan. Beda halnya bila anda masih harus membangun lagi sebuah ruangan di halaman rumah, tentu akan memerlukan modal yang lebih besar.

Berikutnya adalah dari luas ruangan yang ada, kira-kira bisa muat berapa banyak unit komputer dan tentu saja dengan meja serta sekatnya. Meja dan komputer yang diperlukan pun bisa mempengaruhi berapa modal yang anda butuhkan, karena tentu komputer bekas dan baru beda harganya, dan lagi tergantung dari spek komputer yang akan anda gunakan.

Untuk jaringan internetnya, saat ini cukup banyak provider yang menyediakan. Anda bisa browsing di internet untuk mengetahui provider mana saja yang memberikan penawaran terbaik, tinggal Anda pilih yang bisa menjangkau daerah Anda dan harga serta layanannya sesuai dengan yang Anda harapkan. Semakin banyak komputer dan kecepatan yang Anda gunakan, tentu harga berlangganannya akan semakin mahal.

Jangan lupa juga untuk menghitung jumlah karyawan yang diperlukan serta gaji yang sesuai dengan standar untuk pekerjaan tersebut di daerah Anda.

Bila semua infrastruktur dan peralatan sudah dihitung, coba buat estimasi berapa sih biaya operasional yang harus Anda keluarkan tiap bulannya termasuk listrik. Dari hitungan tersebut, Anda bisa mengestimasi berapa pelanggan yang harus Anda dapatkan tiap harinya dan berapa lama warnet Anda harus buka tiap harinya agar bisa menutup biaya operasional, mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan, dan bahkan memberikan keuntungan buat Anda.

Ujung-ujungnya, Anda bisa membuat perkiraan dalam jangka waktu berapa lama usaha Anda bisa memberikan laba untuk Anda. Jangan sepelekan masalah pembukuan ini, karena hanya dari pembukuan yang rapi dan benar inilah kita bisa mengetahui usaha yang kita jalankan sebenarnya memberikan untung atau justru merugi.

Selamat memulai usaha.


Sumber: http://forum.detik..com/-t771410.html
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive