SITUS BERITA TERBARU

Setujukah adanya Kementerian Pedesaan (HOT)

Saturday, September 14, 2013
Perlu Kementerian Pedesaan

Senin, 2 September 2013
WONOGIRI (Suara Karya): Ketua Dewan Pembina Gerakan Indonesia Adil, Sejahtera, Aman (ASA) Djoko Santoso melontarkan gagasan perlunya pembentukan Kementerian Pedesaan dalam pemerintahan Indonesia ke depan mengingat potensi desa sebagai basis kekuatan pembangunan secara menyeluruh.

"Perlu dibentuk Kementerian Pedesaan yang bertugas membina dan mengembangkan potensi desa di seluruh Indonesia sebagai basis kekuatan pembangunan nasional secara menyeluruh," kata Djoko Santoso dalam pertemuan silaturahmi dengan Forum Sekretaris Desa Seluruh Indonesia (Forsekdesi) dan Persatuan Perangkat Desa Seluruh Indonesia (PPDI) Kabupaten Wonogiri di Wonogiri, JawaTengah, kemarin.

Mengenai gagasan pembentukan Kementerian Pedesaan yang dilontarkannya, Djoko mengatakan, kementerian tersebut akan bisa berperanan sangat strategis dalam membantu upaya percepatan pembangunan nasional."Ini karena jika potensi desa dikembangkan secara maksimal, maka kekuatan ekonomi desa akan bisa membantu pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.

Pada sisi lain, lanjutnya, desa yang berkembang secara ekonomi akan bisa menahan laju perpindahan penduduk dari pedesaan ke kota-kota sehingga gejolak sosial masyarakat akan bisa terkendali dan kestabilan politik akan terwujud."Oleh karena itu, pembinaan desa harus dilaksanakan secara terencana, terpadu, dan didukung komitmen kuat Pemerintah," tegasnya.

Menurut pandangannya, jalan terbaik untuk membina desa pada masa mendatang ialah lewat pembentukan sebuah Kementerian Pedesaan yang akan bertugas membina, mengarahkan, dan mengembangkan potensi desa. "Saya berpikiran, upaya tersebut harus pula dibarengi dengan pengangkatan para perangkat desa menjadi pegawai negeri agar instruksi struktural bisa efektif sampai ke tingkat desa ," kata Jenderal TNI (purn) yang siap mencalonkan diri sebagai Presiden 2014-2019 itu. (Ant)


apa agan setuju, nohon komentar gan supaya saling kasih masukan trims [imagetag]??

Sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive