SITUS BERITA TERBARU

Selain Jokowi, PDI-P Masih Punya 3 Capres Alternatif

Thursday, September 5, 2013
SUMBER BERITA
[imagetag]

JAKARTA, KOMPAS.com � Pengamat politik dari Indobarometer, M Qodari, menilai PDI Perjuangan memiliki tokoh lain selain Joko Widodo (Jokowi) untuk diusung menjadi calon presiden di tahun depan. Dari sekian banyak kader PDI Perjuangan, setidaknya ada tiga nama yang dianggapnya mampu menjadi padanan dari sosok seorang Jokowi.

Selain Jokowi, Qodari menganggap Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri layak diusung menjadi calon presiden dan memiliki elektabilitas yang tak berbeda jauh dengan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Tokoh selanjutnya adalah kader PDI Perjuangan yang belum lama dilantik menjadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Ada Mega, ada Ganjar yang notabene adalah Gubernur, sama seperti Jokowi," kata Qodari saat dijumpai di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Tokoh lainnya, lanjut Qodari, adalah Ketua Fraksi PDI Perjuangan Puan Maharani. Puan dinilai memiliki peluang untuk diusung menjadi calon presiden. Meski begitu, peluang Puan terbilang lebih kecil dari dua nama lain di internal PDI Perjuangan yang mampu menandingi elektabilitas Jokowi.

"Tergantung pada kinerja dia (Puan) karena tantangannya dia duduk di legislatif, lebih sulit menunjukkan kinerja di wilayah dibanding eksekutif (Ganjar)," tandasnya.

Seperti diketahui, nama Jokowi terus menjadi jawara dalam banyak hasil survei. Meski begitu, PDI Perjuangan belum menentukan calon presiden yang akan diusung. Berdasarkan hasil kongres, penentuan calon presiden merupakan kewenangan penuh Megawati Soekarnoputri.
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive