SITUS BERITA TERBARU

Safe Papua Safe NKRI

Tuesday, September 3, 2013
Papua merupakan wilayah dengan kekayaan alam yang melimpah, sehingga tidak heran jika aktivitas yang dilakukan oleh pihak-pihak asing di wilayah ini seringkali semata-mata hanya karena ingin memperoleh keuntungan dari kekayaan alam yang begitu sangat menjanjikan.

Dan seringkali yang terlihat adalah masyarakat Papua tidak ikut merasakan kekayaan alam yang berada di bumi kelahirannya, karena keterbatasan Sumber Daya Manusia dan aksesibiitas.
Sekarang ini timbul permasalahan baru yaitu keberadaan separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang membuka kantor perwakilan Papua merdeka di Kota Oxford, keberadaan ini harus dipandang dengan cermat apa sebenarnya tujuan Dewan Kota Oxford membuka kantor perwakilan untuk masyarakat Papua. Apakah ini akan memecah beraikan NKRI? Seperti beberapa waktu lalu kasus penembakan Anggota TNI yang terjadi di Papua yang meresahkan masyarakat.

Jika Dewan Kota melakukan perjuangan agar Papua menjadi Negara yang Merdeka, berarti Dewan Kota tersebut tidak menghormati dan mengakui bahwa Papua adalah bagian dari Kesatuan NKRI. Jadi jangan biarkan permasalahan dalam negeri Indonesia dicampuri oleh negara asing, karena mereka hanya mempunyai kepentingan lain atas kondisi yang ada. Bangsa Indonesia harus memperjuangkan Papua sebagai Kesatuan NKRI. Adanya Pernyataan kedubes Inggris yang menyatakan �penghormatan dan pengakuan bahwasanya Papua adalah kesatuan dan bagian dari NKRI, dan menyatakan tindakan pembukaan perwakilan di Dewan Kota Oxford bukan merupakan bagian dari pemerintahan Inggris�, hal ini tidak bisa dijadikan sebagai alasan, tetapi Pemerintahan Monarki Inggris harus secara utuh benar-benar mendukung kesatuan Papua bersama NKRI tanpa terkecuali.

Usaha pemerintah dalam melakukan pembangunan di Papua merupakan salah satu cara agar Papua bisa maju dan memiliki kesetaraan dengan pembangunan-pembangunan di Kota lain di Indonesia. Bukan hanya di bidang pembangunan, tetapi jaminan HAM yang selama ini menjadi topik permasalahan di Papua juga harus segera diperjuangkan, Bangsa Indonesia harus mampu menyelesaikan permasalahan sendiri tanpa harus meminta campur tangan Negara lain yang hanya memiliki kepentingan lain.


Akan tetapi program pemerintah ini juga harus didukung penuh oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Papua sehingga pembangunan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan HAM dapat segera diperjuangkan. Maka dari itu kita warga Negara Indonesia sebaiknya mendukung dan peduli terhadap kondisi yang ada di negeri ini.

Mari Safe Papua Safe NKRI

Mgs.
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive