SITUS BERITA TERBARU

Proyek Kereta Lingkar Layang Jakarta Rp 9 T Mulai Dibangun Tahun Depan

Monday, September 16, 2013
[imagetag]

Jakarta - Pemerintah pusat serius menggarap proyek loopline atau Kereta Lingkar Layang di Jakarta. Mulai tahun depan akan dimulai proyek perlintasan kereta api yang diyakini menekan kemacetan di Jakarta.

Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono menyebutkan, dalam waktu dekat akan dilakukan pertemuan bersama pemerintah pusat antaralain Menko Perekonomian, Kepala Bappenas, Kementerian BUMN, Sekretaris Wakil Presiden (Seswapres) dan juga melibatkan pemerintah provinsi DKI Jakarta.

"Loopline akan ada pertemuaan antara dengan Menko, Bappenas, Seswapres, Kementerian BUMN dengan DKI untuk melakukan sinkronisasi planning. Minggu ini, dari situ nanti akan ada pertemuan teknis. Yang lebih ke arah policy (kebijakan)," kata Bambang saat ditemui di Museum Transportasi, TMII, Jakarta Timur, Senin (16/9/2013).

Bambang mengatakan, tahun depan ditargetkan proyek kereta loopline yang akan mendukung moda transportasi lain seperti monorel, dan MRT ini akan mulai dikerjakan. Rencananya akan dibuka tender, yang terbuka untuk swasta ataupun BUMN.

"Tahun depan nanti kita lihat sejauh mana, apakah design dan pembangunan bisa kita lakukan. Nanti tender langsung, BUMN atau swasta sedang kita kaji," paparnya.

Proyek jaringan kereta api yang akan mengelilingi kota Jakarta ini diperkirakan akan menghabiskan investasi hingga triliunan rupiah. "Kalau total sekitar Rp 9 triliun. Elevated semua. Tidak termasuk pengembangan stasiun," katanya.

Selain perlintasan kereta api tersebut, juga akan dibangun beberapa stasiun yang berkonsep Transit Oriented Development, atau pengembangan stasiun kereta api yang terintegrasi menjadi sebuah kawasan properti terpadu. Seluruhnya ditargetkan pemerintah akan dibangun secara bersamaan.

"Selesainya kira-kira 4-5 tahunan," ujar Bambang.

Jaringan perlintasan kereta api loopline sendiri dibangun bertujuan untuk memecah kepadatan lalu lintas akibat perlintasan kereta api sebidang, yang juga beresiko terhadap adanya kecelakaan. Loopline direncanakan akan dibangun di atas jaringan perlintasan yang sudah ada dan mengelilingi jantung kota Jakarta.

Sumber

Kereta saingan dengan mobil murah.... [imagetag]
Kalo selesainya 5 tahun mendatang, apa masih bisa ngimbangin kemacetan yang udah parah.
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive