SITUS BERITA TERBARU

Polwan: Sulit Tolak Atasan

Wednesday, September 4, 2013
[imagetag]

Keluhan Polwan: Sulit Tolak Atasan
TEMPO.CO, Jakarta - Masih banyak kisah polwan yang belum terungkap di media massa. Meski polwan Indonesia baru saja merayakan hari jadinya yang ke-65 pada 1 September 2013 dengan meriah, ada kisah-kisah sedih polwan yang merasa hanya diperhatikan karena penampilannya yang aduhai, bukan karena kompetensinya sebagai polisi.

Sumber Tempo di tubuh Polwan--yang sayangnya menolak disebut namanya--menuturkan bahwa masih banyak pejabat Polri--terutama yang menjadi pimpinan--yang memanfaatkan posisi mereka untuk menekan polwan bawahannya.

"Kalau komandan sudah punya keinginan atau kemauan, hampir tidak mungkin bisa ditolak, meski kalau dipertimbangkan secara akal dan logika sangat tidak masuk akal," ujar sumber ini, akhir Agustus 2013 lalu.

Misalnya saja, ada pejabat kepolisian yang minta polwan bawahannya siaga 24 jam di sampingnya, di mana pun dia berada. "Komandannya cuma bilang: 'Kamu bawahan saya mesti nurut apa kata saya!'" kata si sumber.

"Ada juga komandan yang genit, sering menelepon di malam hari hanya buat ngobrol atau mengajak pergi keluar," sumber ini menambahkan.

Rata-rata para polwan tidak bisa menolak karena takut kariernya terancam. Hanya sedikit yang berani mengadu dan membuat perubahan. Padahal, jika diadukan, ada komandan yang sudah kena sanksi karena meminta polwan anak buahnya melakukan hal di luar urusan kedinasan. "Sayangnya, polwan itu banyak yang anak bawang, jadi takut," katanya.

Selain itu, polwan yang menuruti permintaan atasannya tanpa banyak cingcong biasanya akan dihujani dengan berbagai fasilitas dan kemudahan dari komandannya. "Mereka jadi terjerumus," kata sumber ini.

Ketika dikonfirmasi, Brigjen Basaria Panjaitan, salah satu polwan dengan pangkat tertinggi saat ini, membantah sinyalemen itu. Menurut dia, hal semacam itu lazim terjadi di institusi dan profesi mana pun, tidak hanya polisi. "Di mana-mana juga pasti ada yang seperti itu, sekarang tergantung individunya," kata Basaria.
Dor Dor Dor

Keluhan Polwan: Kerap Menemani Acara Tak Jelas
TEMPO.CO, Jakarta - Polwan Indonesia baru saja merayakan hari jadinya yang ke-65 pada 1 September 2013. Di balik meriahnya perayaan dan optimisme menyambut peran yang lebih substansial pada masa depan, terselip kisah-kisah sedih nasib polwan yang merasa diperlakukan tak semestinya.

Sumber Tempo di tubuh polwan--yang sayangnya menolak disebut namanya--menuturkan bahwa masih banyak pejabat Polri yang belum bisa menempatkan diri di hadapan polwan. Mereka cenderung menganggap polwan hanya sebagai pelengkap penderita.

"Biasanya yang begini adalah polisi yang sudah jadi komandan, atau pejabat," kata sumber Tempo ini, akhir Agustus 2013 lalu.

Para polwan ini sering diajak petinggi Polri untuk mengikuti acara dalam rangka dinas maupun di luar kedinasan. "Ini sebenarnya oknum saja, tapi memang ada yang seperti itu," katanya.

"Ada yang diminta menemani acara jamuan makan, karaoke, atau menemani komandannya bertemu dengan sumber. Dari acara pertemuan begini ada yang sekadar ngobrol, makan bersama, menyanyi bersama," kata sumber Tempo ini.

Sang sumber ini mengaku sering menerima cerita macam-macam dari polwan yunior. "Ada yang disuruh ikut menemani makan dan terima tamu di sebuah acara jamuan makan malam di hotel. Memang enggak disuruh macam-macam, mereka cuma mesti berdandan rapi, tidak kenakan seragam, dan temani makan dan mengobrol dengan tamu," ujarnya.

Cerita macam ini bukan sekali-dua kali. Polwan lain pun pernah kaget ketika mendapatkan hadiah gaun mahal, sepatu, dan tas cantik dari atasannya.

"Dia langsung tanya: 'Ini buat apa, Dan (Komandan)? Dijawab komandannya, 'Kamu enggak usah banyak tanya. Pokoknya nanti malam dijemput sopir saya'," cerita sumber Tempo.

Karena merasa janggal dengan tugas tersebut, polwan itu langsung menelepon seniornya yang merupakan polwan dengan posisi lebih tinggi.

"Hasilnya, si komandan ditegur dan baru ketahuan kalau pertemuan tersebut bukan urusan dinas," kata sumber Tempo ini.

Ihwal adanya diskriminasi gender dalam penempatan dan penugasan polwan sebelumnya sudah dibantah oleh Brigjen Basaria Panjaitan, Widyaiswara Madya Sekolah Staf dan Pimpinan Polri. "Itu individu, bukan institusi," kata Basaria. Bantahan serupa juga datang dari Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Agus Rianto.
Rod Rod Rod

Yang nga punya bawahan POLWAN jangan mewek [imagetag]
Kelian tau kan arti 24 jam harus mendampingi [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive