SITUS BERITA TERBARU

Penyebab air sumur di Lenteng Agung berwarna merah

Tuesday, September 3, 2013
Warga Jalan Haji Joko I, Kelurahan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, digegerkan dengan air sumur yang berubah warna menjadi merah delima mirip minuman soft drink, Senin (3/9) kemarin. Air sumur yang berubah warna itu milik Sugianto (71).

Pakar air dari Universitas Indonesia (UI) Firdaus Ali menjelaskan, kasus dan gegernya sumur warga berubah warna menjadi merah atau warna lainnya adalah bukan kasus baru. Menurut analisa dia, ada beberapa sebab yang membuat sumur milik Sugianto berubah warna.

"Ini bukan kasus yang pertama. Banyak kejadian sumur warga yang terkontaminasi karena di bawah tanah ada patahan bawah tanah, apalagi lokasi kejadian dekat pompa bensin. Kalau kejadian itu berada di kawasan industri rumah tangga, limbahnya bisa masuk ke sumur warga. Kejadian seperti itu sudah berkali-kali, sumber air bersih di Jakarta masih sangat minim," jelas Firdaus saat dihubungi merdeka.com, Jakarta, Senin (2/9).

Doktor atau pakar air lulusan University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat ini berpendapat, paling tidak ada tiga hal yang menyebabkan sumur Sugiarto berubah warna menjadi merah delima. Pertama, banyak sumur-sumur di Jakarta memiliki desain yang kurang pas dan jauh dari standar, apalagi sumur-sumur tua orang-orang zaman dulu, sehingga menyebabkan sumur dapat mudah terkontaminasi dari luar.

Kedua, lanjut Firdaus, adanya industri-industri yang berada di pemukiman warga, yang membuang limbahnya ke dalam tanah. Tanpa sadar dan tanpa peduli, limbah tersebut mencemari sumber air warga lainnya, yakni seperti sumur milik Sugiarto tersebut.

"Ketiga, bisa jadi karena adanya tangki-tangki bahan kimia yang berada di dalam tanah dan kemungkinan besar mengalami kebocoran karena korosit," jelas Firdaus.

Korosit atau korosif merupakan sifat suatu subtansi yang dapat menyebabkan benda lain hancur atau memperoleh dampak negatif. Korosif dapat menyebabkan kerusakan pada mata, kulit, sistem pernapasan, dan banyak gangguan lainnya.

"Oleh karena itu, Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jakarta Selatan harus segera mengambil sampel dan segera dicek di laboratorium. Paling lambat dua hari, dan untuk sementara warga jangan sampai mengonsumsi sebagai sumber air bersih," kata Firdaus.

"Kemudian lurah dan camat bisa meminta PAM JAYA berhak meminta tangki untuk persediaan air bersih untuk wilayah sana. Hingga selesai dilakukan investigasi akan hal itu. Warga diminta untuk tidak minum air tersebut sebelum hasil laboratorium selesai dikeluarkan," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, belasan warga mengambil air berwarna merah yang keluar dari sumber air di rumah Sugiyanto (71) di Jalan Haji Joko I, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (2/9). Warga mengaku merasakan khasiat minum air merah dari rumah Sugiyanto tersebut.

Salah satu warga Lenteng Agung, Maryam (48) mengaku sudah minum air merah yang keluar dari sumber air di rumah Sugiyanto. Dia minum air itu dengan harapan bisa menyembuhkan penyakit. "Saya kebetulan punya penyakit darah rendah, pusing, demam. Saya sudah minum dan merasa lebih baik," kata Maryam ditemui merdeka.com di Lenteng Agung, Senin (2/9).

Warga lainnya bernama Dedi (42) mengaku langsung minum air merah yang menghebohkan itu tanpa dimasak. "Segar mas. Rasanya jadi lebih segar," kata Dedi

http://www.merdeka.com/jakarta/menga...rna-merah.html

sekali lagi ini bukan hal2 mistis
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive