SITUS BERITA TERBARU

PENEMBAKAN POLISI UPAYA MENEBAR ANCAMAN KEAMANAN

Thursday, September 26, 2013


Sebagai bagian dari agenda untuk mewujudkan kondisi aman dan damai, upaya secara komprehensif mengatasi dan menyelesaikan permasalahan separatisme yang telah menjadi keprihatinan nasional dan internasional senantiasa terus dilakukan. Upaya tersebut menjadi sangat penting tatkala keutuhan dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi sebuah harga yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Berbagai langkah dan kebijakan diambil pemerintah, penguatan koordinasi dan kerja sama di antara lembaga, pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan separtisme, peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan akses masyarakat lokal terhadap sumber daya ekonomi dan politik tanpa diskriminasi, pelaksanaan pendidikan politik dan bela negara secara formal, informal, dialogis, serta melalui media massa dalam rangka meningkatkan rasa saling percaya dan menumbuhkan kecintaan terhadap NKRI, pengefektifan upaya deteksi secara dini (early warning system) dan pencegahan awal potensi konflik dan separatisme.
Salah satu gangguan kemanaan yang terjadi di Indonesia, seperti penembakan terhadap polisi yang marak terjadi belakangan ini, perlu disikapi dengan hati-hati dan ekstra serius, mengingat Indonesia akan segera memasuki tahun Politik, karena Pemilihan Presiden, Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan berlangsung tahun 2014. Juga perhelatan event-event Dunia, seperti APEC, Miss World, dan lainnya, hal ini sangat penting bagi Indonesia untuk menjawab kekwatiran dunia Internasional terhadap kemanan Indonesia.
Seperti diberitakan, penembakan yang menewaskan Aipda (anumerta) Sukardi, Selasa (10/9/2013), menambah deretan korban penembakan terhadap polisi oleh orang tak dikenal dalam dua bulan terakhir. Sangat penting mewujudkan kondisi keamanan Indonesia dalam dunia Internasional dan domistik, mengingat kondisi Negara yang aman dan tertib akan meningkatkan pendapatan dan stabilitas ekonomi, karena orang akan merasa aman dan tenang dalam melakukan aktivitas ekonomi. Hal ini sangat dipahami oleh pemerintah, sehingga pemerintah berupaya maksimal untuk menciptakan keamanan dan ketenangan di masyarakat, serta mengungkap pelaku penembakan tersebut.
Kita harus sadar, bahsanya ada upaya dari sekelompok orang yang ingin merusak suasana damai dan tentram masyarakat dengan menebar terror keamanan, yaitu dengan menembak aparat hokum dalam hal ini Polisi. Dengan tujuan membuat masyarakat takut dan melemahkan penegak hokum, untuk itu masyarakat harus bersatu pada bersama pemerintah dalam hal ini Polisi dan TNI untuk menciptakan rasa aman dimasyarakat. Walau pemerintah telah berupaya mewujudkan rasa aman dan tentram di masyarakat, tetap kerjasama yang sinergi pemerintah bersama masyarakat tetap perlu untuk terus ditingkatkan. Kerjasama yang selama ini sudah berjalan dengan baik, tindakan pemerintah, baik Polisi maupun TNI yang sigap menghadapi ancaman terror penembakan �misterius� ini perlu kita apresiasi, dan kita semua komponen anak bangsa bersama-sama bersatu menjaga keamanan dan ketenangan di masyarakat.
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive