SITUS BERITA TERBARU

Pagi Ini, 15 Ribu Buruh Demo Lagi di Bundaran HI

Monday, September 16, 2013
Quote:[imagetag]
Quote:Sekitar 15 ribu buruh yang tergabung dalam Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) pagi ini akan menggelar aksi demonstrasi besaran-besaran. Aksi akan dipusatkan di Bundaran Hotel Indonesia dan berlanjut hingga halaman depan istana.

Ketua Umum KASBI, Nining Elitos mengatakan aksi rencananya akan dimulai pukul 09.00 WIB. "Sekarang ribuan buruh sudah mulai bergerak menuju titik kumpul di HI," kata Nining saat dihubungi, Senin, 16 September 2013.

Menurut Nining, para buruh tak hanya berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi. Mereka juga berasal dari beberapa kota di sekitar Jakarta seperti Bandung, Karawang, Surakarta, Subang dan Indramayu. Bahkan ada juga yang berasal dari Sumatera Selatan. Masa aksi dari kota-kota ini kata Nining sudah mulai berangkat sejak subuh.

Aksi buruh yang berlangsung pagi ini kata Nining merupakan kelanjutan dari aksi-aksi buruh sebelumnya. Mereka menuntut agar pemerintah segera merespons tuntutan buruh untuk segera memberlakukan upah layak secara nasional. "Kami juga meminta pemerintah merealisasikan dengan nyata penghapusan tenaga outsourching yang sampai kini masih membebani buruh."

Pemberlakukan upah layak nasional menurut Nining diperlukan untuk memastikan seluruh buruh di tanah air mendapat penghasilan yang layak. Selama ini, perhatian terhadap upah layak masih terpusat di Jakarta dan sekitarnya. Padahal kata Nining biaya hidup buruh di daerah lain tak jauh berbeda dengan di Jakarta. Bahkan buruh di Kalimantan dinilai punya kebutuhan hidup yang lebih mahal. Pemberlakuan upah layak nasional dinilai juga akan meminimalisir konflik antara buruh dan perusahaan.

Aksi kata Nining akan dimulai dengan orasi di Bundaran HI. Setelah itu massa akan bergerak melakukan longmarch menuju halaman depan istana. Di istana buruh akan menyampaikan petisi buruh mewakili rakyat Indonesia pada presiden.

SUMBER
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive