SITUS BERITA TERBARU

Menilik Kekayaan 10 Kebun Raya Terpopuler Indonesia

Monday, September 2, 2013
Menyimpan keindahan alam hijau, kebun raya sebenarnya merupakan salah satu destinasi wisata yang terbilang lengkap. Bagaimana tidak? Selain menyimpan berbagai jenis flora, bahkan flora langka, kebun raya biasanya juga memiliki fasilitas lain seperti pusat penelitian, museum, perpustakaan, teater alam dan area perkemahan. Berikut pilihan kebun raya di Indonesia yang patut Anda kunjungi:

Kebun Raya Bogor

Bisa dibilang kebun raya ini adalah kebun raya paling terkenal di Indonesia. Tak heran, karena luasnya yang mencapai 87 hektar dan merupakan rumah bagi sekitar 15 ribu jenis tumbuhan.

Kebun raya yang juga disebut Kebun Botani Bogor ini juga memiliki pusat-pusat keilmuan di sekitarnya. Yakni Museum Zoologi Bogor, Herbarium Bogoriense, Kebun Percobaan, Perpustakaan dan Laboratorium.

Daya tarik utamanya tentu saja adalah Rafflesia Arnoldi atau biasa disebut bunga bangkai. Tanaman langka yang dilindungi ini berukuran seperti bunga raksasa dan memang memiliki aroma tidak sedap layaknya bangkai.

Kebun Raya Cibodas

Terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur, kebun raya ini memiliki topografi berbukit. Didirikan tahun 1852, Kebun Raya Cibodas dimaksudkan sebagai cabang Kebun Raya Bogor yang menyimpan berbagai tumbuhan dataran tinggi basah tropika seperti tanaman runjung dan paku-pakuan.

Di tempat ini, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan berkemah di lahan seluas tiga hektar yang dapat menampung 200 tenda. Ada pula teater alam terbuka dan Taman Lumut Cibodas yang merupakan tempat koleksi 216 jenis lumut di Indonesia dan dunia.

Kebun Raya Eka Karya Bali

Terletak di wilayah Kabupaten Tabanan, kebun raya ini menyimpan koleksi tanaman yang dikelompokkan berdasarkan kekerabatan. Seperti tanaman air, palma, tanaman obat, tanaman upacara adat, lumut, bambu, paku, begonia, kaktus anggrek dan sebagainya. Selain itu, tempat ini juga merupakan tempat penelitian dan pengembangan tumbuhan-tumbuhan tadi.

Kebun Raya Samosir

Danau Toba memang sangat populer sebagai destinasi wisata di Sumatera Utara. Namun, tahukah Anda bahwa di sekitar danau ini terdapat kawasan konservasi alam? Ya, dinamakan Kebun Raya Samosir, tempat ini begitu mempesona dengan pemandangan dan eksotika alamnya.

Koleksi tanaman yang terdapat di tempat seluas 100 hektar ini antara lain tenaman jenis pinus endemik, pewarna alami, tumbuhan obat dan tanaman penghasil buah dan kayu. Di sini para pengunjung juga dapat melakukan kegiatan menarik menjelajahi alam seperti hiking di bukit-bukit sekitar kebun raya.

Kebun Raya Lombok

Tak kalah dengan tetangganya Bali, Lombok juga punya kebun raya yang berlokasi di kawasan Hutan Lindung Lemor, Kecamatan Suela. Kebun raya ini memiliki luas 130 hektar dengan latar belakang pemandangan Gunung Rinjani dan Selat Sumbawa.

Di tempat ini, Anda dapat melihat berbagai budidaya tanaman pertanian. Keunikannya: tema pengembangannya yaitu konservasi tumbuhan Kepulauan Sunda Kecil karena merupakan satu-satunya kebun raya yang dibangun di kawasan bioregion Sunda Kecil. (eh)

Bersambung...

sumber dari Viva Life
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive