SITUS BERITA TERBARU

(mampus) jokowi : banyak mobil murahan,hajar dgn parkir diatas 10.000 perjam.........

Wednesday, September 18, 2013
Meluncurnya program mobil murah dikhawatirkan membuat lalu lintas makin padat, terutama di ibu kota Indonesia, Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo harus segera mengambil kebijakan menaikkan tarif parkir.

Pengamat Transportasi dari Universitas Gajah Mada (UGM) Djoko Setijowarno mengungkapkan, meluncurnya mobil murah ke pasaran akan memotivasi Gubernur Jokowi untuk segera mengamnbil kebijakan yang pro transportasi massal.

"Tarif parkir harus dinaikkan, tidak bisa tidak. Jalan berbayar juga segera diterapkan. Mempercepat saja untuk menghadang kendaraan supaya tidak meluber ke jalanan," kata Djoko kepada detikFinance, Rabu (18/9/2013).

Menurut Djoko, Jokowi juga harus segera menerapkan electronic road pricing (ERP). Untuk tarif parkir, Djoko mengusulkan agar dinaikkan lebih dari Rp 10.000/jam, atau setidaknya lebih mahal dari ongkos sarana transportasi yang ada. Itu akan memicu masyarakat menggunakan kendaraan umum juga bisa diikuti oleh daerah-daerah lain.

"Harus di atas Rp 10.000/jam karena biar orang enggan parkir, sekarang parkir kita lebih murah dari angkot," jelasnya.

Kebijakan lebih mahalnya tarif parkir telah sukses diterapkan di berbagai negara. Djoko menyebut Jepang dan China telah berhasil mendorong masyarakatnya memakai transportasi umum karena mahalnya tarif parkir jika menggunakan kendaraan pribadi.

"Kalau naik angkutan umum itu bis paling Rp 1.300, kalau naik MRT itu Rp 2.500 sekitar 2 yuan. Tapi kalau parkir bisa 20-30 ribu. Saya kira orang akan naik kendaraan umum, dan bensin di sana juga nggak bersubsidi," katanya.

Di samping kebijakan tersebut, Djoko mengatakan, pemerintah pusat maupun daerah pun harus segera membuat transportasi umum yang layak.

Seperti diketahui, Jokowi punya jurus khusus menyiasati 'banjir mobil murah' yang tak lama lagi akan datang dengan peraturan daerah. Perda ini mengatur kebijakan nomor polisi ganjil-genap, Electronic Road Pricing (ERP) sampai berkirim surat ke Wakil Presiden Boediono.

"Nanti dihajar dengan ganjil-genap dan ERP, termasuk dengan pajak parkir yang tinggi," ujar Jokowi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa kemarin.

sumber

http://finance.detik..com/read/2013/...r-rp-10000-jam


balasan dari jab yang dilayangkan menteri kepada program jokowi dengan meng counter dengan berbagai kebijakan

CERDAS !!!![imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive