SITUS BERITA TERBARU

Kurangi Gas Rumah Kaca Tekan Kematian Prematur

Wednesday, September 25, 2013
[imagetag]

Quote:Penggunaan bahan bakar minyak dikenal sebagai penyumbang terbesar pencemaran udara, membahayakan kesehatan dan memicu efek gas rumah kaca yang menyebabkan naiknya suhu permukaan bumi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika jumlah gas rumah kaca berhasil diturunkan maka itu bisa mencegah sekitar tiga juta kematian prematur.

Gas yang menyebabkan efek rumah kaca, seperti karbon dioksida, menahan panas di permukaan bumi yang menyebabkan temperatur naik. Pemanasan global yang terjadi saat ini adalah imbas dari naiknya level karbon dioksida akibat penggunaan bahan bakar fosil secara masif sejak Revolusi Industri pada akhir abad 18.

Peneliti dari Universitas North Carolina, Jason West, menyebutkan bahwa efek polusi udara pada angka kematian tidak lagi bersifat lokal dan jangka pendek. Polutan sudah menyebar ke seluruh dunia dan menyebabkan perubahan jangka panjang pada populasi manusia, perubahan iklim dan kualitas udara. Efeknya akan semakin dahsyat jika gas rumah kaca tidak dikurangi.

West dan koleganya menghitung bahwa pada 2030 sekitar 300-700 ribu kematian prematur sebenarnya bisa dicegah jika gas rumah kaca dikurangi secara drastis. Dua pertiga dari jumlah kematian prematur itu ada di Cina. Pada 2050, pengurangan gas rumah kaca akan mengurangi angka kematian prematur hingga 1,8 juta jiwa. Kemudian pada 2100, sekitar tiga juta kematian prematur akibat polusi udara bisa dicegah.

"Mengurangi gas rumah kaca bisa menurunkan jumlah polutan udara dan punya efek signifikan dalam menyelamatkan banyak nyawa," kata West. Para peneliti memperkirakan biaya untuk mengurangi satu ton emisi karbon dioksida sekitar 50 hingga 380 dolar Amerika Serikat. West mengatakan perubahan iklim adalah masalah serius yang butuh penanganan cepat.

Lembaga Kerja Sama Antarpemerintah untuk Isu Perubahan Iklim akan memberikan pernyataannya tentang penelitian iklim pekan ini. Pada 2014 lembaga international itu juga akan membuat laporan tentang bagaimana perubahan iklim mempengaruhi dunia serta penanganannya.

"Sudah berulang kali aksi untuk mengatasi masalah global jangka panjang seperti perubahan iklim ini mandek. Penelitian ini menunjukkan keuntungan luar biasa dari mengurangi gas rumah kaca dan menghambat perubahan iklim," kata West. Penelitian West dan koleganya dipublikasikan dalam jurnal Nature Climate Change.


sumber: TEMPO

memang betul, sudah begitu banyak aksi kampanye peduli lingkungan tapi seakan orang2 tidak peduli, tapi bagaimana ya langkah2 kecil untuk membantu mengurangi gas rumah kaca ini? [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive