SITUS BERITA TERBARU

Kereta Api Semen Rangkaian Panjang Diuji Coba Dari Purwokerto Ke Solo Jebres

Monday, September 2, 2013
Quote:PT Kereta Api Indonesia Daop 5 Purwokerto melakukan uji coba perjalanan kereta api barang dengan rangkaian panjang dari Karangtalun dengan tujuan Solojebres. KA barang rangkaian panjang ini mengangkut semen produksi PT Semen Holcim Cilacap dengan sistim paletizer menggunakan kontainer.

"Uji coba ini untuk mengantisipasi peningkatan permintaan angkutan barang menggunakan moda kereta api khususnya komoditi semen," kata Manager Humas PT KAI Daop V Purwokerto, Surono, Senin (2/9).

Rangkaian kereta api angkutan semen dengan rangkaian panjang ini membawa muatan semen untuk distribusi area Solo dan sekitarnya. Uji coba menggunakan stasiun Solojebres sebagai tujuan pengiriman semen akan memanfaatkan dry port di Solojebres untuk unloading muatannya. "Dry port ini dulunya dibangun dan digunakan untuk angkutan peti kemas dengan kereta api dari Solo," terang Surono.

Lebih lanjut dia mengatakan uji coba kereta api angkutan semen rangkaian panjang dan sistim paletizer untuk memperoleh efisiensi dan efektivitas pengangkutan, disamping volume pengangkutan bisa lebih maksimal, proses loading dan unloading juga bisa dilakukan lebih efektif.

Metode sistim paletizer ini dilakukan dengan menata semen pada palet-palet kayu yang kemudian dimasukkan dalam peti kemas, sehingga mempercepat proses loading dan unloading menggunakan forklift. "Proses pemuatan dan pembongkaran semen dengan sistim ini bisa dicapai hanya dengan waktu 10 menit per gerbongnya," kata dia.

Kereta api angkutan semen rangkaian panjang membawa 30 gerbong datar dengan muatan masing-masing gerbong dua peti kemas (kontainer). Berat tiap-tiap gerbong dengan muatan dua kontainer berisi semen tersebut masing-masing 56 ton, sehingga total kereta api membawa muatan 1680 ton sekali tarik.

Jika dibandingkan dengan kereta api barang yang selama ini dioperasikan di Jawa, panjang rangkaian kereta api ini lebih banyak 10 gerbong. Saat ini rangkaian KA barang yang beroperasi di Jawa maksimal hanya membawa 20 gerbong dengan berat 1120 ton. "Ini adalah rangakaian kereta api terpanjang yang dioperasikan di Jawa saat ini," ujarnya.


Sumber

Di Jawa boleh jadi jawara untuk rangkaian terpanjang, tapi kalau diadu dengan CC205 dengan gerbong batubaranya, ceritanya bakal lain [imagetag]

Ini penampakannya

[imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive