SITUS BERITA TERBARU

Jokowi: Kebijakan Mobil Murah Itu Salah!

Thursday, September 19, 2013
[imagetag]

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan kebijakan mobil murah yang dibuat pemerintah Indonesia adalah kebijakan yang salah. Menurut Jokowi, seharusnya pemerintah menggalakkan transportasi murah.

"(Kebijakan) mobil murah itu enggak benar, yang benar itu transportasi yang murah," kata Jokowi di Jakarta, seperti dikutip Rol, Kamis (19/9).

Menurut Jokowi, adanya mobil murah pasti akan diserbu oleh warga Jabodetabek ketimbang di daerah. Karenanya, dia meyakini, keberadaan mobil murah akan memperparah tingkat kemacetan di Jakarta.

Jokowi sendiri mengaku belum mendapat jawaban atas surat yang dia kirim untuk Wakil Presiden Boediono terkait keberatannya akan kebijakan mobil murah tersebut. Bahkan, ia terus mengulang-ngulang pertanyaannya yang mengatakan bahwa kebijakan mobil murah tidak benar.

"Tadi saya sudah sampikan kan, mobil murah itu enggak benar, yang murah itu transportasi. Pemerintah siapkan itu," tegas mantan Walikota Solo ini.

Sementara itu, Wapres Boediono meyakinkan pemerintah siap untuk bersama-sama pemerintah daerah dalam menanggulangi hal itu. Ia menambahkan, bahwa rakyat tidak boleh dilarang untuk membeli mobil murah, tapi yang bisa dilakukan dengan membuat transportasi publik yang murah dan nyaman.

Termasuk juga memberikan peraturan agar mobil tidak melimpah di jalanan melalui pengenaan biaya seperti kebijakan ERP.

Memang ada kekhawatiran mobil LCGC, ini bisa menambah masalah di metropolitan seperti Jakarta, mungkin juga di kota-kota lainya. Memang solusinya adalah meningkatkan secepat mungkin Pemda dan Pemerintah Pusat membuat transportasi publik.

SUMBER

Bahasan mobil murah ini yang disebut si Eva (anggota Fraksi PDIP) sebagai 'jebakan batman' untuk Jokowi. Gimana menurutmu Gan? Pingin mobil murah apa pingin kemacetan teratasi?
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive