SITUS BERITA TERBARU

Gerobak Ini Bakal Melompat-lompat di Mars

Thursday, September 26, 2013
Gerobak Ini Bakal Melompat-lompat di Mars
[imagetag]
Sebuah tim ilmuwan dan teknisi angkasa asal Inggris sedang mengembangkan gerobak atau wahana yang mampu menjelajahi planet Mars dengan lebih eksplosif dan luas. Wahana ini tidak mengandalkan roda dalam bergerak, tapi dibuat sedemikian rupa agar mampu melompat-lompat.

Wahana eksplorasi Mars sebelumnya hanya mengandalkan roda untuk mobilitasnya. Ini memiliki banyak kelemahan. Selain bisa terperosok oleh pasir lunak di planet merah tersebut, wahanan itu juga akan kesulitan jika terjebak dalam bebatuan.

Sementara tim peneliti yang dipimpin Leicester University dan perusahaan angkasa Astrium ini akan membuat wahana yang lebih fleksibel. Ia bisa melompat-lompat untuk mengatasi berbagai rintangan di Mars. Namun, wahana ini belum diberi nama.

Kendaraan ini berbentuk seperti mangkuk terbalik dan ditopang empat kaki sebagai penahan dan alat berjalan. Wahana ini akan menggunakan mesin roket bertenaga termal radioisotope. Cara kerjanya adalah, karbon dioksida akan diekstrak dari udara Martian, kemudian dikompres dan dicairkan.

Dipompa ke dalam sebuah tabung dan diekspos ke dalam panas yang intensif dari sumber radioaktif, CO2 kemudian akan meledak melalui mulut pipa. Menurut peneliti, kekuatan ini bisa membuat wahana Mars tersebut melompat sejauh 900 meter.

"Keuntungan dari pendekatan ini adalah, kita bisa memiliki kemampuan untuk melintasi area lebih agresif dan juga memiliki mobilitas lebih luas. Kemampuannya berkelana akan lebih jauh daripada wahana (Mars) yang pernah ada," jelas Hugo Williams dari Leicester's Space Research Centre.

Dibayangkan, wahana ini bisa melompat-lompat di daerah Grand Canyon, Amerika Serikat, yang memang sulit. Sehingga, wahana ini nantinya bisa mengambil lebih banyak sampel di Mars dan beraneka ragam sampel untuk dipelajari.

Konsep wahana planet Mars ini sudah diajukan tiga tahun lalu. Sejak itu, para peneliti memperbaiki ide-idenya.

Para peneliti juga sudah membuat detail tentang bagaimana sistem kompresi gasnya, juga bagaimana kaki wahana itu dibuat. Persoalan kaki yang menjadi pekerjaan berat. Sebab, peneliti harus bisa membuat kaki-kaki yang fleksibel, lincah, dan mampu mengatasi banyak kendala di Mars.

Tentang kaki-kaki wahana itu, insinyur dari Astrium, Mike Williams, menjelaskan, "Ini akan memakai sistem magnetik yang mungkin sudah sering dipelajari banyak orang di sekolah. Ketika Anda menjatuhkan magnet ke pipa tembaga, Anda berharap itu akan jatuh karena gravitasi. Tapi, jatuhnya magnet ternyata lebih lambat dari yang diharapkan."

"Kaki wahana ini akan menggunakan pendekatan seperti itu. Sebuah solusi yang sangat sederhana dan elegan," tambhanya.



Sumber: BBC

sumber

entah berangkatnya kapan tuh gerobak....
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive