SITUS BERITA TERBARU

Gabon Ungkap 3.000 PNS Palsu Pemakan Gaji Buta

Friday, September 6, 2013
[imagetag]

Quote:Investigasi korupsi di berbagai lembaga pemerintahan di Republik Gabon (Afrika Barat) mengungkapkan keberadaan 3.000 pegawai negeri palsu. Pegawai palsu ini menerima gaji bulanan, padahal tidak memiliki posisi apapun di kantor pemerintahan.

Diberitakan Reuters, Rabu 4 September 2013, negara kaya minyak ini memiliki 70.000 pegawai negeri yang melayani 1,5 juta populasinya. Beberapa yang kedapatan sebagai pegawai palsu pemakan gaji buta telah ditahan.

"Mereka secara rutin menerima gaji bulanan walaupun tidak bekerja di kementerian apapun. Kami telah menahan mereka dengan ijazah dan surat tugas palsu," kata seorang penyelidik Sidonie Flore Ouwe.

Menurut sumber pemerintah, diduga ada 10.000 pegawai negeri palsu di Gabon. Tindakan mereka ini merugikan negara hingga 25 miliar CFA franc atau lebih dari Rp555 miliar setiap tahunnya.

"Jaringan seperti mafia ini memiliki cabang-cabang di fasilitas pendidikan tinggi dan beberapa lembaga pemerintahan," kata Maurice Ekogha, penasehat di Kementerian Anggaran Gabon.

Gabon memang merupakan salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di Afrika, berkat industri minyaknya. Namun, korupsi dan penipuan membuat kemakmuran negara ini tidak tersebar dengan rata.

Sejak tahun 2009, Gabon melakukan pembenahan di pemerintahan dan memecat 800 pegawai. Sebanyak 2.500 pegawai lainnya diinterogasi atas dugaan menerima beberapa kali gaji setiap bulan, untuk posisi yang tidak mereka tempati.


http://dunia.news.viva.co.id/news/re...akan-gaji-buta

Ternyata di mana-mana PNS kelakuannya sama saja. [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive