SITUS BERITA TERBARU

Emil Epek: sungai cidurian mulai tampak "kasep"

Thursday, September 26, 2013
BANDUNG, (PRLM).- Walikota Bandung Ridwan Kamil berencana membangun bendungan sampah dan penjernih di sungai-sungai Kota Bandung. Hal itu dilakukan agar masyarakat bisa kembali memanfaatkan sungai dengan kelestarian yang terjaga.

Rencana tersebut dituturkan Ridwan saat mengunjungi Sungai Cidurian yang membelah Kelurahan Babakan Surabaya dan Kelurahan Cicaheum, Minggu (22/9/13). Dengan mengenakan topi dan bersepeda, Ridwan menyambangi pemukiman di kedua kelurahan padat tersebut. Dalam kesempatan itu, Ridwan menyaksikan bendungan sampah yang dibuat warga di Sungai Cidurian.

Dengan mengenakan penahan seng dan papan, bendungan kecil itu menahan berbagai sampah yang melintasinya. "Saya punya komitmen, sungai di Bandung sampai lima tahun ke depan menjadi sungai yang bersih. Oleh karena itu, setiap 350 meter kita akan bikin bendungan sampah," kata Ridwan saat memberikan sambutan.

Dia menuturkan, Sungai Cidurian akan menjadi percontohan sungai bersih di Kota Bandung. "Di sini akan ada bendungan sampah serta bendungan membran untuk kejernihan sungainya. Rencananya juga ada taman di atas sungai," ucap Ridwan. Dia mengaku, Pemkot Bandung saat ini masih melakukan studi terkait pembangunan bendungan sampah dan membran. "Saat ini sedang digambar," katanya.

Ke depan, pembangunan bendungan sampah dan membran pun, kata Ridwan akan dilakukan di sungai-sungai Kota Bandung lainnya. "Ini masih bendungan sementara, inisiatif warga supaya sampah berhenti dan diambil," ujarnya. Ridwan berharap dengan adanya kedua bendungan tersebut, kondisi sungai Kota Bandung kembali bersih dan bisa dimanfaatkan masyarakat. (A-201/A-108)***
[imagetag]
SEJUMLAH anak bermain di aliran Sungai Cidurian, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Minggu (22/9/2013).

sumber

hasil yg lumayan untuk yg baru dilantik kurang dari satu bulan
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive