SITUS BERITA TERBARU

BLSM Tahap II Berlangsung Lancar

Monday, September 16, 2013
Berakhirnya penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap I bukan berarti berakhirnya program BLSM selamanya. Hal ini dibuktikan oleh pemerintah dengan melaksanakan BLSM Tahap II. BLSM Tahap II ini sudah dimulai dari 2 September 2013 lalu.

Cara penyaluran BLSM tahap II ini sama dengan penyaluran pada BLSM pertama. Melalui PT Pos Indonesia, Pemerintah memberikan dana sebesar Rp.300.000,00 /bulan kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS) dengan syarat memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS).

Dalam pelaksanaanya, BLSM kedua ini dinilai berjalan lebih mulus dibandingkan penyaluran BLSM tahap awal. Seperti di Wilayah Kecamatan Nanggulan, Jatim, BLSM kedua berjalan lancar dan baik serta masyarakat antri dengan tertib. Begitu juga dengan wilayah Jogjakarta dan Pekanbaru, pencairan pada hari pertama berlangsung lancar.

Belajar dari BLSM tahap pertama dimana masih banyak yang tidak tepat sasaran dikarenakan masih menggunakan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2011, Pemerintah segera memverifikasi kembali data penerima BLSM tahapan kedua periode pembayaran Juli-Agustus 2013. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri, "Kita janji akan mengupdate data penerima BLSM ini untuk pemberian tahap kedua nanti," ujarnya.

Selain itu Mensos meminta kalangan mampu yang mendapat KPS untuk mengembalikan kartu tersebut ke Kelurahan dan Balai Desa untuk diberikan ke RTS yang masih tidak mampu.

Terkait dengan perbaikan ketepatan sasaran tersebut, Pemerintah telah melakukan mekanisme Musyawarah Desa/Kelurahan diberbagai Daerah untuk mengganti Penerima KPS yang tidak tepat sasaran (dianggap Kaya) dengan Calon Penerima KPS yang lebih berhak. Musyawarah Desa/Kelurahan juga dilakukan untuk mengalihkan KPS yang retur karena berbagai sebab seperti RTS tidak ditemukan, seluruh anggota keluarga meninggal, serta pengembalian sukerala dari penerima KPS yang status sosial ekonomi nya telah meningkat.



Sumber :

www.tnp2k.go.id

www.republika.co.id

www.nanggulan.kulonprogokab.go.id
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive