SITUS BERITA TERBARU

BlackBerry Masih Cari Pembeli

Sunday, September 15, 2013
WATERLOO � Komite Khusus BlackBerry belum membuat keputusan apapun. Namun isu seputar dijualnya perusahaan kian santer, bahkan kabar terbaru mengungkap, pembeli lebih tertarik membeli aset BlackBerry ketimbang membeli perusahaan secara keseluruhan.

Sistem operasi BlackBerry dan paten keyboard disebut-sebut merupakan aset yang cukup diminati. Kendati begitu, dana pensiun Kanada dilaporkan tengah berupaya bekerjasama dengan investor dan berniat membeli BlackBerry secara tunggal. Sumber mengatakan, perusahaan yang dulunya bernama Research In Motion (RIM) itu bernilai tak kurang dari USD5 miliar.

Pemegang 10 persen saham BlackBerry, Fairfax Financial Holdings Ltd, dilaporkan telah melakukan pendekatan ke sejumlah perusahaan besar Kanada untuk membahas kesepakatan pengambilalihan BlackBerry. Demikian dilansir dari Reuters, Minggu (15/9/2013).

Diwartakan sebelumnya, laporan menyebut bahwa BlackBerry akan melakukan lobi-lobi dengan pemerintah guna membahas kemungkinan diakuisisi oleh perusahaan asing (non-Kanada). Perusahaan dikabarkan telah mendaftarkan diri untuk bertemu anggota parlemen guna membahas Investement Canada Act, yang menetapkan aturan akuisisi perusahaan Kanada oleh asing.

Sumber Reuters mengungkapkan, sejumlah perusahaan swasta telah menandatangi perjanjian kerahasiaan dengan perusahaan untuk memperoleh akses ke buku perusahaan. Proses penjualan BlackBerry akan dimulai dalam beberapa minggu ke depan. Sayangnya, pihak BlackBerry enggan buka suara soal kabar ini.

Meski ada beberapa perusahaan swasta baik dari dalam maupun luar negeri tertarik membeli BlackBerry, namun apabila mempertimbangkan isu keamanan nasional dan persaingan, pembeli BlackBerry lebih aman dari Kanada bukan dari luar.

Seperti diketahui, Lenovo pada Januari lalu mengutarakan keinginannya untuk mempertimbangkan mengakuisisi BlackBerry. Menteri Keuangan Kanada Jim Flaherty pada saat itu langsung mengomentari berita tersebut. Ia beranggapan pembelian perusahaan teknologi lokal asing perlu dibatasi.

Pemerintah Kanada kata Flaherty akan hati-hati pada terkait tawaran Lenovo. Ia menjelaskan bahwa BlackBerry memiliki server yang aman untuk pemerintah Kanada dan AS. Karenanya perlu peninjauan lebih lanjut apabila ada perusahaan China yang berniat membeli BlackBerry.

http://techno.okezone.com/read/2013/...h-cari-pembeli


Follow My Twitter: https://twitter.com/JokoAndoro1
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive