SITUS BERITA TERBARU

Anis Matta: Fathanah Perantara Wali Kota Makassar ke PKS

Thursday, September 26, 2013
[imagetag]

Jakarta - Presiden PKS Anis Matta mengakui Ahmad Fathanah menjadi perantara Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin. Saat itu Ilham meminta dukungan PKS untuk maju di Pilgub Sulsel.

"Memang kita tahu beliau perantaranya Pak Ilham ke PKS," kata Anis di sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Kamis (26/9/2013).

Anis membenarkan, Ilham meminta dukungan partainya. Saat itu Ilham berkomunikasi dengan DPW PKS Sulsel. Segala urusan terkait Pilkada sebutnya dikelola DPW.

"Semua proses penentuan calon pemimpin daerah kita serahkan secara otonomi ke DPW untukk mengurusnya. Selanjutnya DPW mengajukan surat ke DPP untuk diserahkan," ujar Anis menjelaskan.

Anis mengaku mengenal Ilham dan pernah bertemu. "Tapi tidak ingat berapa kali," katanya menjawab intensitas pertemuan dengan Ilham.

Sebelumnya Ilham Arief Sirajuddin mengungkapkan kedekatan Ahmad Fathanah dengan petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ilham menyebut Fathanah dekat dengan Luthfi Hasan Ishaaq dan Anis Matta yang kini jadi Presiden PKS.

Dalam keterangannya saat bersaksi di Pengadilan Tipikor, Kamis (19/9/2013), Ilham mengaku berkawan lama dengan Fathanah tapi tidak mengetahui posisinya di kepengurusan PKS. "Tapi (Fathanah) dekat dengan pimpinan PKS, dengan presiden Luthfi Hasan dengan Sekjen Anis Matta," kata Ilham kala itu.

Kedekatan ini terlihat ketika Fathanah ikut sibuk mengurusi Rakernas PKS di Makassar yang juga dihadiri Luthfi dan Anis Matta."Waktu Rakernas di Makassar, beliau (Fathanah) orang paling sibuk mengatur-atur, sehingga semakin yakin beliau dekat dengan PKS.

Di sela Rakernas, Ilham Arief dipertemukan dengan Luthfi dan Anis. Ilham membicarakan permintaan dukungan PKS untuk pencalonan dirinya di Pilgub Sulsel. "Waktu Rakernas para petinggi PKS hadir, Fathanah memfasilitasi ketemu petinggi. Setelah itu komunikasi dengan Fathanah," ucapnya.

Dalam pembicaraan selanjutnya, Fathanah meminta uang Rp 10 miliar untuk mendapat rekomendasi dukungan PKS dalam Pilgub. Namun disanggupi Ilham Arief hanya Rp 8 miliar. Duit ini diserahkan Ilham Arief ke Fathanah secara bertahap dengan cara tunai dan transfer untuk diteruskan ke DPW PKS

Sumber Detik
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive