SITUS BERITA TERBARU

Akhir Tahun, 386 Bus Baru Perkuat Transjakarta

Thursday, September 12, 2013
[imagetag]
Quote:TEMPO.CO, Jakarta - Armada bus Transjakarta bakal bertambah lagi pada akhir 2013. Jika sesuai rencana, sebanyak 386 bus baru akan menambah daya angkut Transjakarta sekitar November atau Desember 2013.

Kepala BLU Transjakarta Pargaulan Butarbutar mengatakan, sebagian bus berupa hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan sisanya merupakan pembelian operator pemenang lelang. "Ada 310 unit yang akan diberikan pemerintah, sementara 76 bus dibeli oleh operator," ujarnya ketika dihubungi, Kamis, 12 September 2013.

Bus milik pemerintah terdiri atas dua jenis, yaitu 132 unit bus gandeng dan 178 unit bus single. Sementara seluruh bus yang dibeli operator merupakan bus gandeng, sesuai dengan persyaratan pada saat lelang. Sebanyak 310 bus dari pemerintah akan disebar ke berbagai koridor yang masih kekurangan armada. "Ada banyak koridor lama yang masih kekurangan bus," kata dia.

Sementara itu, bus yang dibeli operator akan dioperasikan di koridor II dan III, yaitu di rute Pulo Gadung-Harmoni dan Kalideres-Pasar Baru. "Sekarang baru ada 99 bus yang digunakan di koridor itu, masih kurang," ujar Pargaulan. Padahal bus di kedua koridor itu harus mengangkut lebih dari 20.000 penumpang setiap harinya.

Selama semester pertama 2013, bus di koridor Pulo Gadung Harmoni rata-rata mengangkut 22.161 penumpang per hari. Sementara rute Kalideres-Pasar Baru lebih padat, yakni mengangkut 25.580 penumpang setiap hari. Oleh sebab itu, tak mengherankan jika waktu tunggu di kedua koridor itu terbilang lama.

Penumpang di kedua rute tersebut bisa menunggu 15 menit atau lebih untuk mendapat bus. Akibatnya, kerap ada penumpukan penumpang di shelter-shelter yang dilewati.

Secara total ada 669 bus yang beroperasi di 11 koridor Transjakarta. Bus-bus itu harus melayani rata-rata 294.654 penumpang setiap harinya. Berdasarkan pantauan Tempo, waktu tunggu bus yang tak terlampau lama baru bisa dirasakan di Koridor I Blok M-Kota. Koridor itu baru mendapat tambahan bus pada awal 2013 seiring beroperasinya operator baru Perum Damri di sana.

Pada 2014, Transjakarta juga direncanakan akan mendapat tambahan 158 bus lagi. "Tahun depan mudah-mudahan sudah cukup," kata Pargaulan.


Sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive